(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK/SMA …..
Kelas / Semester : X/I
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Materi Pokok : Menelusuri Peradaban
awal di Kepulauan Indonesia
Sub Materi Pokok : Sebelum mengenal Tulisan
PertemuanKe :
1
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit( 90menit )
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
dasar
1.2. Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap
berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.
Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan
tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1.
Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam sejarah.
3.2.
Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
4.1.
Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara
konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
4.2.
Menyajikan hasil
penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Menjelaskan pengertian di akronis dan sinkronis
3.1.2
Menerapkan berfikir diakronis dan sinkronis dalam
memahami dan merekontruksi sejarah yang dipelajari
3.2.1 Menjelaskan
pengertian praaksara
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui aktifitas Tanya jawab siswa dapat
menjelaskan pengertian praaksara dan prasejarah
2.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat membandingkan pengertian praaksara dan
prasejarah
3.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat menunjukan contoh
konsep berpikir kronologis (diakronis) dan sinkronis
dalam penulisan sejarah
E.
Materi
Ajar
1. Pengertian
Praaksara dan Prasejarah
Prasejarah
: sebelum ada Sejarah : Masa sebelum ada aktivitas kehidupan manusia
Praaksara : sebelum ada Tulisan : masa sebelum kehidupan manusia
mengenal tulisan
2. Pengertian
Kronologis, diakronis dan sinkronis
Pemahaman tentang kronologis (diakronis)
dan sinkronis
Kronologis : Pengetahuan tentang ruang dan waktu dengan menekankan
perlunya seluruh kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu. Peristiwa dan
kejadian yang terjadi lebih dulu dari pada yang terjadi kemudian
Diakronis : Kemampuan memahami peristiwa dengan melakukan penelusuran
pada masalalu ( Ciri berpikir Sejarah )
Sinkronis: memahami peristiwa dengan mengabaikan aspek perkembanganya
dengan mementingkan struktur yang terdapat didalam setiap peristiwa (ciri berpikir ilmu social)
Kronologi berarti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah
akan selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu, sehingga tidak terjadi secara
melompat-lompat. Pemahaman sejarah yang tidak kronologis akan membuat pemahaman
yang keliru tentang sejarah
F.
Metode
1. Pendekatan :
Scientifict learning
2. Strategi/model : cooperative learning/problem based learning
3. Metode : Diskusikelompok,
group investigation, ceramah, penugasan
G.KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberi Salam
·
Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran
(kebersihan dan kenyamanan) serta mengecek presensi siswa
·
Mempersilakan salah satu peserta didik memimpin
doa ( Jika jam pertama)
·
Absensi siswa
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi
yang harus dikuasai peserta didik melalui power point
|
10 Menit
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta didik membaca buku sejarah hal…
·
Peserta didik mengamati tayangan gambar dalam
power point untuk appersepsi materi
·
Peserta didik dibimbing untuk mencari informasi
dari buku tentang materi yang dibahas
MENANYA
·
Pesertadidik diharapkan menyampaikan pertanyaan
yang berkaiatan dengan materi didalam sebuah kertas dan dikumpulkan
(Pertanyaan yang terkumpul menjadi bahan
untuk topic diskusi) ( Jika tidak ada pertanyaan sudah disiapkan oleh guru)
MENALAR
·
Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok masing
masing kelompok beranggotakan 5 siswa dengan cara menghitung 1- 6
·
Guru membagikan kertas pertanyaan kepada setiap
kelompok untuk di diskusikan
·
Siswa mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang disampaikan
MENCOBA
·
Peserta
didik mencatat hasil diskusi
·
Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi
MEMBUAT JEJARING
·
Guru
meminta perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
di depan kelas
·
Peserta
lain menanggapi hasil diskusi yang di presentasikan
·
Peserta
didik mencatat/ menyempurnakan hasil diskusinya
·
Peserta
didik membuat laporan hasil dikusi untuk dikumpulkan
|
60 Menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang
kegiatan pembelajaran dan hasil belajarnya
·
Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan yang
belum jelas.
·
Peserta didik diberikan pertanyaan secara lisan.
·
Peserta didik membuat kesimpulan materi yang
baru dibahas
·
Guru memberikan informasi tentang materi yang
akan dibahas minggu depan dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi
dulu dirumah sebagai tugas
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan salam.
|
20 Menit
|
G.
Alat dan
Sumber Belajar
1. Buku
sumber Sejarah SMA Kelas X
·
Modul Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dirjen Kebudayaan
Kemendikbud 2013
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia,
Jakarta: Kemendikbud
·
NicoTamiend R & M.P.B Manus, 2000, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
·
I WayanBadrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta:
Penerbit Erlangga
2. Media
Pembelajaran
Ø Power
Point
Ø
Kartu pertanyaan
H.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
- Teknik: Tes dan Non tes
- Bentuk: Uraian dan tugas
- Instrumen (Tesdan Non tes)
a. Tes uraian:
SOAL:
Kerjakan soal berikut
ini dengan benar !
1. Bandingkan
perbedaan pengertian Prasejarah dan Praaksara
2. Jelaskan
pengertian kronologis dalam peristiwa sejarah!
3. Bandingkan
pola berpikir Sinkronis dan Diakronis
KUNCI JAWAB:
1.
Prasejarah
Praaksara
2. Kronologis
berarti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai
dengan urutan waktu, sehingga tidak terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah
yang tidak kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah.
3. Pola
Berpikir Sinkronik Dan diakronik
Pedoman Penskoran :
Penskoran
No.
|
Skor ( max)
|
1
|
25
|
2
|
25
|
3.
|
50
|
Jumlah
|
100
|
b. Non Tes
Penilaian:
NO
|
NAMA SISWA
|
Keterampilan yang dinilai
|
SKOR
TOTAL
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterampilan/
aspek yang dinilai:
1. Partisipasi
2. Kemampuan
bekerjasama
3. Kemampuan
menyampaikan pendapat
4. Kemampuan
berargumentasi
5. Menghargai
pendapat peserta diskusi
Penilaian:
Skor maksimum untuk setiap keterampilan
yang dinilai adalah 5, sehingga skor total adalah 25 (5x5). Diubah menjadi nilai
dengan dikalikan 4 untuk mendapat nilai bulat (100).
Contoh skor: 18---------nilai= 72
(18x4).
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK/SMA …..
Kelas / Semester : X/I
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Materi Pokok : Menelusuri Peradaban
awal di Kepulauan Indonesia
Sub Materi Pokok : Sebelum mengenal Tulisan
PertemuanKe :
1
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit( 90menit )
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
dasar
1.2. Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap
berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.
Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan
tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1.
Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam sejarah.
3.2.
Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
4.1.
Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara
konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
4.2.
Menyajikan hasil
penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Menjelaskan pengertian di akronis dan sinkronis
3.1.2
Menerapkan berfikir diakronis dan sinkronis dalam
memahami dan merekontruksi sejarah yang dipelajari
3.2.1 Menjelaskan
pengertian praaksara
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui aktifitas Tanya jawab siswa dapat
menjelaskan pengertian praaksara dan prasejarah
2.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat membandingkan pengertian praaksara dan
prasejarah
3.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat menunjukan contoh
konsep berpikir kronologis (diakronis) dan sinkronis
dalam penulisan sejarah
E.
Materi
Ajar
1. Pengertian
Praaksara dan Prasejarah
Prasejarah
: sebelum ada Sejarah : Masa sebelum ada aktivitas kehidupan manusia
Praaksara : sebelum ada Tulisan : masa sebelum kehidupan manusia
mengenal tulisan
2. Pengertian
Kronologis, diakronis dan sinkronis
Pemahaman tentang kronologis (diakronis)
dan sinkronis
Kronologis : Pengetahuan tentang ruang dan waktu dengan menekankan
perlunya seluruh kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu. Peristiwa dan
kejadian yang terjadi lebih dulu dari pada yang terjadi kemudian
Diakronis : Kemampuan memahami peristiwa dengan melakukan penelusuran
pada masalalu ( Ciri berpikir Sejarah )
Sinkronis: memahami peristiwa dengan mengabaikan aspek perkembanganya
dengan mementingkan struktur yang terdapat didalam setiap peristiwa (ciri berpikir ilmu social)
Kronologi berarti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah
akan selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu, sehingga tidak terjadi secara
melompat-lompat. Pemahaman sejarah yang tidak kronologis akan membuat pemahaman
yang keliru tentang sejarah
F.
Metode
1. Pendekatan :
Scientifict learning
2. Strategi/model : cooperative learning/problem based learning
3. Metode : Diskusikelompok,
group investigation, ceramah, penugasan
G.KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberi Salam
·
Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran
(kebersihan dan kenyamanan) serta mengecek presensi siswa
·
Mempersilakan salah satu peserta didik memimpin
doa ( Jika jam pertama)
·
Absensi siswa
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi
yang harus dikuasai peserta didik melalui power point
|
10 Menit
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta didik membaca buku sejarah hal…
·
Peserta didik mengamati tayangan gambar dalam
power point untuk appersepsi materi
·
Peserta didik dibimbing untuk mencari informasi
dari buku tentang materi yang dibahas
MENANYA
·
Pesertadidik diharapkan menyampaikan pertanyaan
yang berkaiatan dengan materi didalam sebuah kertas dan dikumpulkan
(Pertanyaan yang terkumpul menjadi bahan
untuk topic diskusi) ( Jika tidak ada pertanyaan sudah disiapkan oleh guru)
MENALAR
·
Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok masing
masing kelompok beranggotakan 5 siswa dengan cara menghitung 1- 6
·
Guru membagikan kertas pertanyaan kepada setiap
kelompok untuk di diskusikan
·
Siswa mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang disampaikan
MENCOBA
·
Peserta
didik mencatat hasil diskusi
·
Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi
MEMBUAT JEJARING
·
Guru
meminta perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
di depan kelas
·
Peserta
lain menanggapi hasil diskusi yang di presentasikan
·
Peserta
didik mencatat/ menyempurnakan hasil diskusinya
·
Peserta
didik membuat laporan hasil dikusi untuk dikumpulkan
|
60 Menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang
kegiatan pembelajaran dan hasil belajarnya
·
Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan yang
belum jelas.
·
Peserta didik diberikan pertanyaan secara lisan.
·
Peserta didik membuat kesimpulan materi yang
baru dibahas
·
Guru memberikan informasi tentang materi yang
akan dibahas minggu depan dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi
dulu dirumah sebagai tugas
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan salam.
|
20 Menit
|
G.
Alat dan
Sumber Belajar
1. Buku
sumber Sejarah SMA Kelas X
·
Modul Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dirjen Kebudayaan
Kemendikbud 2013
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia,
Jakarta: Kemendikbud
·
NicoTamiend R & M.P.B Manus, 2000, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
·
I WayanBadrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta:
Penerbit Erlangga
2. Media
Pembelajaran
Ø Power
Point
Ø
Kartu pertanyaan
H.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
- Teknik: Tes dan Non tes
- Bentuk: Uraian dan tugas
- Instrumen (Tesdan Non tes)
a. Tes uraian:
SOAL:
Kerjakan soal berikut
ini dengan benar !
1. Bandingkan
perbedaan pengertian Prasejarah dan Praaksara
2. Jelaskan
pengertian kronologis dalam peristiwa sejarah!
3. Bandingkan
pola berpikir Sinkronis dan Diakronis
KUNCI JAWAB:
1.
Prasejarah
Praaksara
2. Kronologis
berarti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai
dengan urutan waktu, sehingga tidak terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah
yang tidak kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah.
3. Pola
Berpikir Sinkronik Dan diakronik
Pedoman Penskoran :
Penskoran
No.
|
Skor ( max)
|
1
|
25
|
2
|
25
|
3.
|
50
|
Jumlah
|
100
|
b. Non Tes
Penilaian:
NO
|
NAMA SISWA
|
Keterampilan yang dinilai
|
SKOR
TOTAL
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterampilan/
aspek yang dinilai:
1. Partisipasi
2. Kemampuan
bekerjasama
3. Kemampuan
menyampaikan pendapat
4. Kemampuan
berargumentasi
5. Menghargai
pendapat peserta diskusi
Penilaian:
Skor maksimum untuk setiap keterampilan
yang dinilai adalah 5, sehingga skor total adalah 25 (5x5). Diubah menjadi nilai
dengan dikalikan 4 untuk mendapat nilai bulat (100).
Contoh skor: 18---------nilai= 72
(18x4).
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang santun