Satuan pendidikan : SMK/SMA……..
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Materi Pokok : Sistem
pemerintahan pada masa Demokrasi Parlementer 1950 – 1959
Alokasi
Waktu : 2 X 2 jp @ 45
menit (2 x Pertemuan)
- KOMPETENSI INTI
KI.1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI.3
|
Memahami,menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI.4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
- KOMPETENSI DASAR (KD):
1.2.
|
Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur
kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
|
2.1.
|
Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta
damai para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
2.2.
|
Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
2.3.
|
Menunjukkan
sikap peduli dan proaktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku
sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
|
3.3.
|
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik,
sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
|
4.3.
|
Merekonstruksi
perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis
|
- INDIKATOR:
3.3.1 Menganalisis dinamika perkembangan
kabinet yang berlangsung selama masa Demokrasi
Parlementer 1950-1959.
3.3.2 Melakukan
presentasi hasil diskusi mengenai dinamika perkembangan kabinet yang
berlangsung selama masa Demokrasi
Parlementer 1950-1959.
4.
3 Siswa mampu merekonstruksi perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia
pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Sikap:
1. Siswa mampu mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur daalam kegiatan
membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Siswa mampu
mengubah perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang
dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
3.
Siswa mampu berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
4. Siswa mampu
menunjukkan sikap peduli dan pro aktif yang dipelajari dari
peristiwa dan para pelaku sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan
Negara Indonesia
Pengetahuan:
Melalui pengamatan
dan diskusi kelompok:
1. Menganalisis dinamika perkembangan
kabinet yang berlangsung selama masa Demokrasi
Parlementer 1950-1959.
2. Melakukan presentasi hasil diskusi
mengenai dinamika perkembangan kabinet yang
berlangsung
selama masa Demokrasi Parlementer 1950-1959.
Ketrampilan:
Siswa mampu merekonstruksi perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesiapada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis
- MATERI AJAR:
Perkembangan kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Demokrasi Liberal
F. METODE
PEMBELAJARAN:
Pendekatan : Scientific
Learning
Model : Problem Based Learning
Metode : Diskusi
Kelompok
- ALAT/MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Alat/Media
Pembelajaran
Gambar-gambar/peristiwa sejarah yang
berkaitan dengan Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Sumber
Pembelajaran
·
Internet
·
Buku:
1. ------------ . 2013. Sejarah
Indonesia Kelas XII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia.
- LANGAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Materi : 1. Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Alokasi waktu :
1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
|
KEGIATAN BELAJAR
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a. Guru mempersi-apkan kelas agar
lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang
kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan).
b. Guru kembali menyampaikan
topik
tentang Perkembangan Politik
Masa Demokrasi Liberal.
c. Guru kembali memberikan
motivasi
kepada siswa untuk tetap semangat
belajar.
d. Guru membagi kelas menjadi
5
kelompok siswa.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati
-
Guru menegaskan kembali tentang topik pembelajaran dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
-
Guru memberi
penjelasan singkat mengenai masa
Demokrasi Parlementer
Menanya
Guru
mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait
dengan penjelasan singkat yang
diberikan
Mengumpulkan informasi/mencoba
Setiap kelompok mendapatkan
tugas melakukan eksplorasi melalui diskusi kelompok,
sehingga menemukan rumusan dari
masing-masing tugas yang diberikan:
1.
Kelompok 1 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Natsir
2.
Kelompok 2 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Sukiman
3.
Kelompok 3 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Wilopo
4.
Kelompok 4 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet
Ali Sastroamidjoyo I
5. Kelompok 5 bertugas
mendiskusikan tentang Kabinet Burhanuddin
Harahap
6. Kelompok 6 bertugas mendiskusikan
tentang Kabinet
Ali Sastroamidjoyo II
7.
Kelompok 7 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Juanda
Menalar/mengasosiasi
Dari
eksplorasi yang dilakukan, masing-masing kelompok membuat media power point
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan nilai-nilai
atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai
dibahas pada hari itu
·
Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan
rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·
Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan
doa penutup.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Materi : Perkembangan kehidupan politik,
sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Alokasi waktu : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
|
KEGIATAN
BELAJAR
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pertemuan dengan salam
·
Peserta didik bersama guru berdoa
·
Mengabsensi Peserta didik
·
Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif
untuk memulai proses KBM
·
Pendidikmemberi penjelasan mengenai
materi dan tujuan pembelajaran
·
Mereview kembali pembahasan pada pertemuan
sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengomunikasikan
Masing-masing
kelompok melakukan presentasi tugas yang diberikan pertemuan sebelumnya:
1.
Kelompok 1 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Natsir
2.
Kelompok 2 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Sukiman
3.
Kelompok 3 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Wilopo
4.
Kelompok 4 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet
5.
Ali Sastroamidjoyo I
6.
Kelompok 5 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Burhanuddin
7.
Harahap
8.
Kelompok 6 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet
9.
Ali Sastroamidjoyo II
10.
Kelompok 7 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Juanda
·
Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang “Sistem
Pemerintahan pada masa Demokrasi Parlementer 1950- 1959, termasuk
perbandingannya dengan sistem pemerintahan masa sekarang
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan nilai-nilai
atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai
dibahas pada hari itu
·
Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan
rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·
Pembelajaran pada hari ini diselesaikan
dengan doa penutup.
|
15 menit
|
I.
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Teknik Penilaian : Tes dan Non Tes
Bentuk Test : Uraian dan Lembar Observasi
Instrumen :
Instrumen Soal Pilihan Ganda:
1. Penyebab jatuhnya kabinet Soekiman adalah ....
A. gagal dalam diplomasi upaya
mengembalikan Irian Barat
B. menerima bantuan dari
Amerika Serikat melalui program Mutual
Security Act (MSA)
C. terjadinya kemelut
internal TNI Angkatan Darat
D. terjadinya
pergolakan di daerah-daerah
E. diumumkannya Dekrit Presiden
5 Juli 1959
2.
Salah
satu peristiwa penting yang terjadi pada masa pemerintahan Kabinet Ali
Sastroamijoyo I adalah ....
A.
diselenggarakannya Konferensi Asia
Afrika
B.
terjadinya
peristiwa Tanjung Morawa
C.
diselenggarakannya
Pemilu I oleh pemerintah Republik Indonesia
D.
dibentuknya
dewan-dewan militer
E. dicanangkannya deklarasi hukum laut
Instrumen Soal Uraian:
1.
Mengapa
sering terjadi pergantian kabinet pada masa Demokrasi Liberal ?
2.
Sebutkan
secara urut 5 kabinet yang berkuasa pada masa Demokrasi Liberal !
●Pembelajaran Remedial dan Pengayaan:
Dibuat sesuai dengan hasil analisis Ulangan Harian
●Kunci
dan Pedoman Penskoran
Kunci Pilihan Ganda :
Nomor
1 : B
Nomor
2 : A
KunciUraian :
Nomor 1 : Karena kabinet-kabinet yang berkuasa
program-progamnya kurang mengakomodir kepentingan rakyat banyak, tetapi lebih
mengutamakan kepentingan partainya sehingga partai-partai oposisi yang duduk
dalam parlemen mengajukan mosi tidak percaya, maka jatuhlah kabinet tersebut.
Nomor2 :Karena pada waktu itu pemerintah RI
menggunakan landasan konstitusi UUDS 1950 yang menganut sistem demokrasi
liberal. Pada pelaksanaannya sistem demokrasi liberal dinilai tidak cocok
diterapkan di Indonesia karena
menyebabkan sering terjadinya jatuh bangunnya kabinet. Oleh karena itu
dibentuknya Badan Konstituante yang bertugas untuk menyusun UUD baru yang akan
digunakan untuk menggantikan UUDS 1950
Pedoman Penskoran:
Untuk
Pilihan Ganda tiap nomor skor 1, dan Uraian tiap nomor 5
Pedoman
penilaian :
Setiap soal apabila tepat akan diberi
nilai 25
Skor Nilai
tertinggi (apabila menjawab dengan sempurna ) masing-masing soal nilai 25
Apabila hanya bisa
menjawab 1 atau tidak menjawab, diberi nilai 5
Kriteria penilaian :
100 :
Istimewa
90-85 : Sangat baik
84-80 : Baik
79-76 : Cukup
Tugas:
Membuat laporan tertulis tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Demokrasi Liberal
Lembar Penilaian
Kinerja Diskusi (Lembar AktivitasSiswa)
No
|
Nama Peserta didik
|
Kesungguhan dalam diskusi (10)
|
Partisipasi dalam presentasi
(10)
|
Kerja Sama (10)
|
Total score
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
Rentang nilai
untuk setiap item diskusi : 1- 10
Keterangan
Total Score : 10 :
kurang
20 : Cukup
30 : Baik
Satuan pendidikan : SMK/SMA……..
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Materi Pokok : Sistem
pemerintahan pada masa Demokrasi Parlementer 1950 – 1959
Alokasi
Waktu : 2 X 2 jp @ 45
menit (2 x Pertemuan)
- KOMPETENSI INTI
KI.1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI.3
|
Memahami,menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI.4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
- KOMPETENSI DASAR (KD):
1.2.
|
Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur
kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
|
2.1.
|
Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta
damai para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
2.2.
|
Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
2.3.
|
Menunjukkan
sikap peduli dan proaktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku
sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
|
3.3.
|
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik,
sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
|
4.3.
|
Merekonstruksi
perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis
|
- INDIKATOR:
3.3.1 Menganalisis dinamika perkembangan
kabinet yang berlangsung selama masa Demokrasi
Parlementer 1950-1959.
3.3.2 Melakukan
presentasi hasil diskusi mengenai dinamika perkembangan kabinet yang
berlangsung selama masa Demokrasi
Parlementer 1950-1959.
4.
3 Siswa mampu merekonstruksi perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia
pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Sikap:
1. Siswa mampu mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur daalam kegiatan
membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Siswa mampu
mengubah perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang
dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
3.
Siswa mampu berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
4. Siswa mampu
menunjukkan sikap peduli dan pro aktif yang dipelajari dari
peristiwa dan para pelaku sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan
Negara Indonesia
Pengetahuan:
Melalui pengamatan
dan diskusi kelompok:
1. Menganalisis dinamika perkembangan
kabinet yang berlangsung selama masa Demokrasi
Parlementer 1950-1959.
2. Melakukan presentasi hasil diskusi
mengenai dinamika perkembangan kabinet yang
berlangsung
selama masa Demokrasi Parlementer 1950-1959.
Ketrampilan:
Siswa mampu merekonstruksi perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesiapada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis
- MATERI AJAR:
Perkembangan kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Demokrasi Liberal
F. METODE
PEMBELAJARAN:
Pendekatan : Scientific
Learning
Model : Problem Based Learning
Metode : Diskusi
Kelompok
- ALAT/MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Alat/Media
Pembelajaran
Gambar-gambar/peristiwa sejarah yang
berkaitan dengan Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Sumber
Pembelajaran
·
Internet
·
Buku:
1. ------------ . 2013. Sejarah
Indonesia Kelas XII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia.
- LANGAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Materi : 1. Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Alokasi waktu :
1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
|
KEGIATAN BELAJAR
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a. Guru mempersi-apkan kelas agar
lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang
kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan).
b. Guru kembali menyampaikan
topik
tentang Perkembangan Politik
Masa Demokrasi Liberal.
c. Guru kembali memberikan
motivasi
kepada siswa untuk tetap semangat
belajar.
d. Guru membagi kelas menjadi
5
kelompok siswa.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
(Mengamati
-
Guru menegaskan kembali tentang topik pembelajaran dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
-
Guru memberi
penjelasan singkat mengenai masa
Demokrasi Parlementer
Menanya
Guru
mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait
dengan penjelasan singkat yang
diberikan
Mengumpulkan informasi/mencoba
Setiap kelompok mendapatkan
tugas melakukan eksplorasi melalui diskusi kelompok,
sehingga menemukan rumusan dari
masing-masing tugas yang diberikan:
1.
Kelompok 1 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Natsir
2.
Kelompok 2 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Sukiman
3.
Kelompok 3 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Wilopo
4.
Kelompok 4 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet
Ali Sastroamidjoyo I
5. Kelompok 5 bertugas
mendiskusikan tentang Kabinet Burhanuddin
Harahap
6. Kelompok 6 bertugas mendiskusikan
tentang Kabinet
Ali Sastroamidjoyo II
7.
Kelompok 7 bertugas mendiskusikan tentang Kabinet Juanda
Menalar/mengasosiasi
Dari
eksplorasi yang dilakukan, masing-masing kelompok membuat media power point
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan nilai-nilai
atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai
dibahas pada hari itu
·
Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan
rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·
Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan
doa penutup.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Materi : Perkembangan kehidupan politik,
sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Alokasi waktu : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
|
KEGIATAN
BELAJAR
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pertemuan dengan salam
·
Peserta didik bersama guru berdoa
·
Mengabsensi Peserta didik
·
Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif
untuk memulai proses KBM
·
Pendidikmemberi penjelasan mengenai
materi dan tujuan pembelajaran
·
Mereview kembali pembahasan pada pertemuan
sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengomunikasikan
Masing-masing
kelompok melakukan presentasi tugas yang diberikan pertemuan sebelumnya:
1.
Kelompok 1 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Natsir
2.
Kelompok 2 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Sukiman
3.
Kelompok 3 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Wilopo
4.
Kelompok 4 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet
5.
Ali Sastroamidjoyo I
6.
Kelompok 5 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Burhanuddin
7.
Harahap
8.
Kelompok 6 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet
9.
Ali Sastroamidjoyo II
10.
Kelompok 7 bertugas mempresentasikan tentang Kabinet Juanda
·
Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang “Sistem
Pemerintahan pada masa Demokrasi Parlementer 1950- 1959, termasuk
perbandingannya dengan sistem pemerintahan masa sekarang
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan nilai-nilai
atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai
dibahas pada hari itu
·
Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan
rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·
Pembelajaran pada hari ini diselesaikan
dengan doa penutup.
|
15 menit
|
I.
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Teknik Penilaian : Tes dan Non Tes
Bentuk Test : Uraian dan Lembar Observasi
Instrumen :
Instrumen Soal Pilihan Ganda:
1. Penyebab jatuhnya kabinet Soekiman adalah ....
A. gagal dalam diplomasi upaya
mengembalikan Irian Barat
B. menerima bantuan dari
Amerika Serikat melalui program Mutual
Security Act (MSA)
C. terjadinya kemelut
internal TNI Angkatan Darat
D. terjadinya
pergolakan di daerah-daerah
E. diumumkannya Dekrit Presiden
5 Juli 1959
2.
Salah
satu peristiwa penting yang terjadi pada masa pemerintahan Kabinet Ali
Sastroamijoyo I adalah ....
A.
diselenggarakannya Konferensi Asia
Afrika
B.
terjadinya
peristiwa Tanjung Morawa
C.
diselenggarakannya
Pemilu I oleh pemerintah Republik Indonesia
D.
dibentuknya
dewan-dewan militer
E. dicanangkannya deklarasi hukum laut
Instrumen Soal Uraian:
1.
Mengapa
sering terjadi pergantian kabinet pada masa Demokrasi Liberal ?
2.
Sebutkan
secara urut 5 kabinet yang berkuasa pada masa Demokrasi Liberal !
●Pembelajaran Remedial dan Pengayaan:
Dibuat sesuai dengan hasil analisis Ulangan Harian
●Kunci
dan Pedoman Penskoran
Kunci Pilihan Ganda :
Nomor
1 : B
Nomor
2 : A
KunciUraian :
Nomor 1 : Karena kabinet-kabinet yang berkuasa
program-progamnya kurang mengakomodir kepentingan rakyat banyak, tetapi lebih
mengutamakan kepentingan partainya sehingga partai-partai oposisi yang duduk
dalam parlemen mengajukan mosi tidak percaya, maka jatuhlah kabinet tersebut.
Nomor2 :Karena pada waktu itu pemerintah RI
menggunakan landasan konstitusi UUDS 1950 yang menganut sistem demokrasi
liberal. Pada pelaksanaannya sistem demokrasi liberal dinilai tidak cocok
diterapkan di Indonesia karena
menyebabkan sering terjadinya jatuh bangunnya kabinet. Oleh karena itu
dibentuknya Badan Konstituante yang bertugas untuk menyusun UUD baru yang akan
digunakan untuk menggantikan UUDS 1950
Pedoman Penskoran:
Untuk
Pilihan Ganda tiap nomor skor 1, dan Uraian tiap nomor 5
Pedoman
penilaian :
Setiap soal apabila tepat akan diberi
nilai 25
Skor Nilai
tertinggi (apabila menjawab dengan sempurna ) masing-masing soal nilai 25
Apabila hanya bisa
menjawab 1 atau tidak menjawab, diberi nilai 5
Kriteria penilaian :
100 :
Istimewa
90-85 : Sangat baik
84-80 : Baik
79-76 : Cukup
Tugas:
Membuat laporan tertulis tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Demokrasi Liberal
Lembar Penilaian
Kinerja Diskusi (Lembar AktivitasSiswa)
No
|
Nama Peserta didik
|
Kesungguhan dalam diskusi (10)
|
Partisipasi dalam presentasi
(10)
|
Kerja Sama (10)
|
Total score
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
Rentang nilai
untuk setiap item diskusi : 1- 10
Keterangan
Total Score : 10 :
kurang
20 : Cukup
30 : Baik
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang santun