Wednesday, February 21, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan pendidikan    : SMA/SMK
Mata Pelajaran           : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester       : XII / 5
                                  Materi Pokok: Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa
Alokasi Waktu             : 4 X 2 jp @ 45 menit  (4 x Pertemuan)


  1. KOMPETENSI INTI
KI.1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI.2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3
Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

  1. KOMPETENSI DASAR (KD):
1.2.
Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
2.1.
Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.2.
Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
2.3.
Menunjukkan sikap peduli dan proaktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
3.1.
Mengevaluasi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disinteegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
3.2.
Mengevaluasi peran tokoh Nasional dan Daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan Negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965
4.1.
Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain : PKI Madiun 1948, DI,TII, APRA, Andi Azis, RMS, PRRI, Permesta, G 30 S/PKI) dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
4.2.
Menulis sejarah tentang tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan Negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1865



  1. INDIKATOR:
1.       Menganalisis berbagai pergolakan daerah yang terjadi di Indonesiaantara tahun 1948 hingga 1965.
2.       Mengaitkan peristiwa pergolakan daerah yang terjadi di Indonesiaantara tahun 1948 hingga 1965 dengan potensi ancaman disintegrasipada masa sekarang
3.       Menjelaskan konflik-konflik atas dasar ideology yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
4.       Menganalisis kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya  menyelesaikan konflik atas dasar ideology yang terjadi antara tahun 1948-1965
5.       Menelaah akibat yang ditimbulkan oleh konflik atas dasar ideology antara tahun 1948-1965
6.       Mengidentifikasi konflik-konflik atas dasar kepentingan yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
7.       Mengomunikasikan materi mengenai konflik atas dasar kepentingan yang terjadi antara tahun 1948-1965
8.       Mengidentifikasi konflik-konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan di Indonesia antara tahun 1948-1965, yaitu Pemberontakan PRRI dan Permesta, serta persoalan Negara federal dan BFO
9.       Mengomunikasikan bentuk-bentuk konflik antara tahun 1948-1965 yang terjadi atas dasar kepentingan serta dampka pertentangan dalam hal sistem pemerintahan antara tahun 1948-1965, bagi perjuangan dan persatuan bangsa Indonesia yag sedang menghadapi penjajah dan menata sistem pemerintahan
10.   Menganalisis konflik-konflik atas dasar ideology dan kepentigan konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan, yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
11.   Mengomunikasikan konflik-konflik atas dasar ideology dan kepentingan serta konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan, yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
12.   Mengaitkan hikmah dari berbagai konflik yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965 dengan berbagai konflik yang terjadi dalam konteks kekinian
13.   Menganalisis konflik-konflik yang terjadi pada masa sekarang sebagai peristiwa sejarah
14.   Mendiskusikan tentang konflik-konflik yang terjadi pada masa sekarang lalu mengaitkannya dengan konteks kepentingan integrasi bangsa
15.   Menjelaskan kriteria seseorang dapat dikatakan sebagai pahlawan nasional
16.   Menganalisis keteladanan para tokoh yang telah berjaasa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
17.   Melakukan presentasi mengenai keteladanan para tokoh yang telah berjasa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
18.   Mengategorikan para tokoh daerah asal siswa yang telah berjuang dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa, sesuai bidang masing-masing tokoh
19.   Menjelaskan tentang para tokoh daerah asal siswa yang telah berjuang dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Sikap:
1.       Siswa mampu mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur daalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.       Siswa mampu mengubah perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
3.       Siswa mampu berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
4.       Siswa mampu menunjukkan sikap peduli dan pro aktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan Negara Indonesia

Pengetahuan:
Melalui pengamatan dan diskusi kelompok:
1.       Siswa mampu mendeskripsikan perbedaan antara pergolakan yang berkait dengan ideology, kepentingan dan sistem pemerintahan
2.       Siswa mampu mendeskripsikan perbedaan dan persamaan penyebab konflik pada masa kini, dengan masa lalu khususnya antara tahun 1948-1965
3.       Siswa dapat mendeskripsikan keteladanan dari tokoh-tokoh yang ada di daerah masing-masing

Ketrampilan:
1.       Siswa mampu menyajikan hasil kajian tentang pergolakan politik yang berkait dengan ideology, kepentingan dan sistem pemerintahan di Indonesia khususnya antara tahun 1948-1965
2.       Siswa mampu menyajikan hasil kajian tentang konflik-konflik di Indonesia tiga tahun terakhir

  1. MATERI AJAR:
·      Perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
·      Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi
·      Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan kepentingan
·      Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan sistem kepentingan
·      Dari konflik menuju Konsensus;suatu pembelajaran
·      Kesadaran terhadap pentingnya integrasi bangsa
·      Teladan para tokoh persatuan


F.       METODE PEMBELAJARAN:
·         Pendekatan   : Scientific Learning
·         Model         : Student fasilitator and explaining, examples non examples, cooperative script,
artikulasi, think pair and share, two stay two stray, jigsaw, presentasi
·         Metode : Diskusi kelompok, ceramah bervariasi, dan penugasan


  1. ALAT/MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Alat/Media Pembelajaran
·         Gambar-gambar/peristiwa sejarah yang berkaitan dengan peristiwa menghadapi ancaman disintegrasi bangsa dan konflik di Indonesia saat ini
·         Film Sejarah

Sumber Pembelajaran
·         Internet
·         Buku:
1.       ------------ . 2013. Sejarah Indonesia Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia.
2.       Abdullah Taufik dan Lapian Adrian B. (ed). 2010. Indonesia Dalam Arus Sejarah jilid III. Jakarta: PT Icthiar Baru van Hoeve.
3.       Azra, Azyumardi. 2002. Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal. Bandung, Mizan.
4.       Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
5.       Kartodirdjo, Sartono (ed). 1976. Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta : Balai Pustaka.
6.       Poesponegoro, Marwati Joened & nugroho Notosusanto. 1990. Sejarah Nasional Indonesia I-VII, Jakarta: Deprtemen Pendidikan dan Kebudayaan-Balai Pustaka.
7.       Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia III. Yogyakarta: Kanisius.



  1. LANGAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Materi                  : 1. Perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
2. Konflik dan Pergolakan yang berkait denngan ideologi           
Alokasi waktu    : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya
15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/filmyang terkait materi. (bisa browsing di internet)

(menanya)
·   Setiap kelompok mendapatkan tugas berbeda, menganalisisPemberontakan PKI Madiun, DI/TII, Gerakan 30 September 1965 melalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan danmenjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü  Pergolakan atau konflik yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
ü  Perbedaan pemberontakan PKI Madiun dan G 30 S/PKI dan dampak yang ditimbulkan dari pemberontakan ini
ü  Perbedaan pemberontakan DI/TII di satu daerah dengan daerah lainnya dan dampak yang ditimbulkan dari pemberontakan ini
ü  Kebijakan pemerintah dalam menghadapi PKI Madiun, DI/TII dan G 30 S/PKI
(menalar)
·         Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mengumpulkan data dan mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·         Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi

(mengasosiasikan)
·         Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·         Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.

60 menit
Penutup
·         Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·         Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·         Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit


Pertemuan Kedua
Materi                  : 1.Konflik dan Pergolakan yang berkait dengan kepentingan
                                  2.Konflik dan Pergolakan yang berkait dengan sistem pemerintahan
Alokasi waktu   : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya

15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/film terkait materi. (bisa browsing di internet)



(menanya)
·       Setiap kelompok mendapatkan tugasmenganalisa tentang Pemberontakan APRA, Andi Azis, RMS, PRRI, persoalan Negara federal dan BFO melalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan dan menjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü  Persamaan latar belakang pemberontakan APRA dan Andi Azis
ü  Perbedaan latar belakang pemberontakan Andi Azis dan RMS
ü  Keterlibatan AS dalam pemberontakan PRRI dan Permesta

(menalar)
·        Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·        Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi

(mengasosiasikan)
·        Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·         Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
60 menit
Penutup
·         Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·         Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·         Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit


Pertemuan Ketiga
Materi          : 1. Dari konflik menuju consensus;suatu pembelajaran
2. Kesadaran terhadap pentingnya integrasi bangsa
Alokasi waktu : 1x 2 jp@ 45 menit

Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya

15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/film terkait materi. (browsing internet)

(menanya)
Setiap kelompok mendiskusikan hikmah yang dapat diambil dari berbagai konflik yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965 dan menganalisa konflik-konflik yang terjadi di Indonesia sekitar tiga tahun terakhirmelalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan dan menjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü Pengaruh konflik yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965 dengan keutuhan bangsa dan Negara Republik Indonesia
ü Hikmah yang dapat diambil dari adanya konflik di Indonesia antara tahun 1948-1965 bagi kehidupan beragama di Indonesia

(menalar)
·   Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·    Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi

(mengasosiasikan)
·        Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·        Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
60 menit
Penutup
·    Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·    Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·    Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit

Pertemuan Keempat
Materi          : Teladan para tokoh persatuan
Alokasi waktu : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjut-kan pembelajaran selanjutnya
15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk  6 kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/film terkait materi. (browsing internet)

(menanya)
Setiap kelompok mendapatkan tugas  berbedamenganalisa tentang keteladanan tokoh-tokoh yang telah berjasa menghadapi ancaman disintegrasi bangsamelalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan dan menjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü  Kriteria yang dapat menjadikan seseorang mendapat gelar pahlawan nasional
ü  Tokoh yang berjasa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa

(menalar)
·   Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·   Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi
(mengasosiasikan)
·        Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·        Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
60 menit
Penutup
·    Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·    Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·    Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit

I.        PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Teknik Penilaian  : Tes dan Non Tes
Bentuk Test          : Uraian dan Lembar Observasi
Instrumen             :
Soal Uraian (Lisan) :
1.       Apa sajakah pemberontakan yang terjadi antara tahun 1948-1965 yang berkaitan dengan kepentingan?
2.       Jelaskan bukti Amerika Serikat terlibat dalam pemberontakan PRRI dan Permesta ! Mengapa Amerika Serikat dapat melibatkan diri ?


Kunci Jawaban :
1.       Pemberontakan yang berkaitan dengan kepentingan :
-          APRA
-          Andi Azis
-          RMS
2.       Bukti : adanya pilot berkewarganegaraan Amerika Serikat, Allen Pope yang tertembak pada saat penyerangan terhadap PRRI dan Permesta.  Alasan keterlibatan : Amerika Serikat tidak mau Indonesia jatuh ke tangan komunis.

Pedoman penilaian :
Setiap soal apabila tepat akan diberi nilai  25
Skor Nilai tertinggi (apabila menjawab dengan sempurna ) masing-masing soal nilai 25
Apabila hanya bisa menjawab 1 atau tidak menjawab, diberi nilai 5

Kriteria penilaian :
100                 : Istimewa
90-85             : Sangat baik
84-80             : Baik
79-76             : Cukup


Tugas:
Membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari @ 4 orang untuk mencari informasi mengenai pahlawan atau tokoh yang telah berjuang menghadapi ancaman disintegrasi bangsa di daerah mereka.  Tokoh-tokoh dapat dibagi dalam kategori : sastra, tentara, tokoh pemerintahan, bangsawan, dsb.  Didiskusikan dan dipresentasikan dalam bentuk alat peraga/power point dan makalah !


Lembar Penilaian Kinerja Diskusi (Lembar AktivitasSiswa)

No

Nama Peserta didik
Kesungguhan dalam diskusi (10)
Partisipasi dalam presentasi
(10)

Kerja Sama (10)

Total score
1





2





3





4





5






Rentang nilai untuk setiap item diskusi : 1- 10
Keterangan Total Score :  10 : kurang
20 : Cukup                      
30 : Baik




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan pendidikan    : SMA/SMK
Mata Pelajaran           : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester       : XII / 5
                                  Materi Pokok: Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa
Alokasi Waktu             : 4 X 2 jp @ 45 menit  (4 x Pertemuan)


  1. KOMPETENSI INTI
KI.1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI.2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3
Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

  1. KOMPETENSI DASAR (KD):
1.2.
Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
2.1.
Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.2.
Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
2.3.
Menunjukkan sikap peduli dan proaktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
3.1.
Mengevaluasi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disinteegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
3.2.
Mengevaluasi peran tokoh Nasional dan Daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan Negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965
4.1.
Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain : PKI Madiun 1948, DI,TII, APRA, Andi Azis, RMS, PRRI, Permesta, G 30 S/PKI) dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
4.2.
Menulis sejarah tentang tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan Negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1865



  1. INDIKATOR:
1.       Menganalisis berbagai pergolakan daerah yang terjadi di Indonesiaantara tahun 1948 hingga 1965.
2.       Mengaitkan peristiwa pergolakan daerah yang terjadi di Indonesiaantara tahun 1948 hingga 1965 dengan potensi ancaman disintegrasipada masa sekarang
3.       Menjelaskan konflik-konflik atas dasar ideology yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
4.       Menganalisis kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya  menyelesaikan konflik atas dasar ideology yang terjadi antara tahun 1948-1965
5.       Menelaah akibat yang ditimbulkan oleh konflik atas dasar ideology antara tahun 1948-1965
6.       Mengidentifikasi konflik-konflik atas dasar kepentingan yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
7.       Mengomunikasikan materi mengenai konflik atas dasar kepentingan yang terjadi antara tahun 1948-1965
8.       Mengidentifikasi konflik-konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan di Indonesia antara tahun 1948-1965, yaitu Pemberontakan PRRI dan Permesta, serta persoalan Negara federal dan BFO
9.       Mengomunikasikan bentuk-bentuk konflik antara tahun 1948-1965 yang terjadi atas dasar kepentingan serta dampka pertentangan dalam hal sistem pemerintahan antara tahun 1948-1965, bagi perjuangan dan persatuan bangsa Indonesia yag sedang menghadapi penjajah dan menata sistem pemerintahan
10.   Menganalisis konflik-konflik atas dasar ideology dan kepentigan konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan, yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
11.   Mengomunikasikan konflik-konflik atas dasar ideology dan kepentingan serta konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan, yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
12.   Mengaitkan hikmah dari berbagai konflik yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965 dengan berbagai konflik yang terjadi dalam konteks kekinian
13.   Menganalisis konflik-konflik yang terjadi pada masa sekarang sebagai peristiwa sejarah
14.   Mendiskusikan tentang konflik-konflik yang terjadi pada masa sekarang lalu mengaitkannya dengan konteks kepentingan integrasi bangsa
15.   Menjelaskan kriteria seseorang dapat dikatakan sebagai pahlawan nasional
16.   Menganalisis keteladanan para tokoh yang telah berjaasa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
17.   Melakukan presentasi mengenai keteladanan para tokoh yang telah berjasa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
18.   Mengategorikan para tokoh daerah asal siswa yang telah berjuang dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa, sesuai bidang masing-masing tokoh
19.   Menjelaskan tentang para tokoh daerah asal siswa yang telah berjuang dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Sikap:
1.       Siswa mampu mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur daalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.       Siswa mampu mengubah perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
3.       Siswa mampu berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
4.       Siswa mampu menunjukkan sikap peduli dan pro aktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan Negara Indonesia

Pengetahuan:
Melalui pengamatan dan diskusi kelompok:
1.       Siswa mampu mendeskripsikan perbedaan antara pergolakan yang berkait dengan ideology, kepentingan dan sistem pemerintahan
2.       Siswa mampu mendeskripsikan perbedaan dan persamaan penyebab konflik pada masa kini, dengan masa lalu khususnya antara tahun 1948-1965
3.       Siswa dapat mendeskripsikan keteladanan dari tokoh-tokoh yang ada di daerah masing-masing

Ketrampilan:
1.       Siswa mampu menyajikan hasil kajian tentang pergolakan politik yang berkait dengan ideology, kepentingan dan sistem pemerintahan di Indonesia khususnya antara tahun 1948-1965
2.       Siswa mampu menyajikan hasil kajian tentang konflik-konflik di Indonesia tiga tahun terakhir

  1. MATERI AJAR:
·      Perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
·      Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi
·      Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan kepentingan
·      Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan sistem kepentingan
·      Dari konflik menuju Konsensus;suatu pembelajaran
·      Kesadaran terhadap pentingnya integrasi bangsa
·      Teladan para tokoh persatuan


F.       METODE PEMBELAJARAN:
·         Pendekatan   : Scientific Learning
·         Model         : Student fasilitator and explaining, examples non examples, cooperative script,
artikulasi, think pair and share, two stay two stray, jigsaw, presentasi
·         Metode : Diskusi kelompok, ceramah bervariasi, dan penugasan


  1. ALAT/MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Alat/Media Pembelajaran
·         Gambar-gambar/peristiwa sejarah yang berkaitan dengan peristiwa menghadapi ancaman disintegrasi bangsa dan konflik di Indonesia saat ini
·         Film Sejarah

Sumber Pembelajaran
·         Internet
·         Buku:
1.       ------------ . 2013. Sejarah Indonesia Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia.
2.       Abdullah Taufik dan Lapian Adrian B. (ed). 2010. Indonesia Dalam Arus Sejarah jilid III. Jakarta: PT Icthiar Baru van Hoeve.
3.       Azra, Azyumardi. 2002. Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal. Bandung, Mizan.
4.       Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
5.       Kartodirdjo, Sartono (ed). 1976. Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta : Balai Pustaka.
6.       Poesponegoro, Marwati Joened & nugroho Notosusanto. 1990. Sejarah Nasional Indonesia I-VII, Jakarta: Deprtemen Pendidikan dan Kebudayaan-Balai Pustaka.
7.       Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia III. Yogyakarta: Kanisius.



  1. LANGAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Materi                  : 1. Perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
2. Konflik dan Pergolakan yang berkait denngan ideologi           
Alokasi waktu    : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya
15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/filmyang terkait materi. (bisa browsing di internet)

(menanya)
·   Setiap kelompok mendapatkan tugas berbeda, menganalisisPemberontakan PKI Madiun, DI/TII, Gerakan 30 September 1965 melalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan danmenjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü  Pergolakan atau konflik yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965
ü  Perbedaan pemberontakan PKI Madiun dan G 30 S/PKI dan dampak yang ditimbulkan dari pemberontakan ini
ü  Perbedaan pemberontakan DI/TII di satu daerah dengan daerah lainnya dan dampak yang ditimbulkan dari pemberontakan ini
ü  Kebijakan pemerintah dalam menghadapi PKI Madiun, DI/TII dan G 30 S/PKI
(menalar)
·         Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mengumpulkan data dan mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·         Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi

(mengasosiasikan)
·         Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·         Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.

60 menit
Penutup
·         Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·         Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·         Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit


Pertemuan Kedua
Materi                  : 1.Konflik dan Pergolakan yang berkait dengan kepentingan
                                  2.Konflik dan Pergolakan yang berkait dengan sistem pemerintahan
Alokasi waktu   : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya

15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/film terkait materi. (bisa browsing di internet)



(menanya)
·       Setiap kelompok mendapatkan tugasmenganalisa tentang Pemberontakan APRA, Andi Azis, RMS, PRRI, persoalan Negara federal dan BFO melalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan dan menjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü  Persamaan latar belakang pemberontakan APRA dan Andi Azis
ü  Perbedaan latar belakang pemberontakan Andi Azis dan RMS
ü  Keterlibatan AS dalam pemberontakan PRRI dan Permesta

(menalar)
·        Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·        Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi

(mengasosiasikan)
·        Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·         Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
60 menit
Penutup
·         Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·         Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·         Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit


Pertemuan Ketiga
Materi          : 1. Dari konflik menuju consensus;suatu pembelajaran
2. Kesadaran terhadap pentingnya integrasi bangsa
Alokasi waktu : 1x 2 jp@ 45 menit

Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya

15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/film terkait materi. (browsing internet)

(menanya)
Setiap kelompok mendiskusikan hikmah yang dapat diambil dari berbagai konflik yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965 dan menganalisa konflik-konflik yang terjadi di Indonesia sekitar tiga tahun terakhirmelalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan dan menjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü Pengaruh konflik yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965 dengan keutuhan bangsa dan Negara Republik Indonesia
ü Hikmah yang dapat diambil dari adanya konflik di Indonesia antara tahun 1948-1965 bagi kehidupan beragama di Indonesia

(menalar)
·   Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·    Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi

(mengasosiasikan)
·        Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·        Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
60 menit
Penutup
·    Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·    Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·    Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit

Pertemuan Keempat
Materi          : Teladan para tokoh persatuan
Alokasi waktu : 1x 2 jp@ 45 menit
Tahap
KEGIATAN BELAJAR
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Peserta didik bersama guru berdoa
·         Mengabsensi Peserta didik
·         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
·         Pendidikmemberi penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjut-kan pembelajaran selanjutnya
15 menit
Kegiatan Inti
(mengamati)
·         Peserta didik membentuk  6 kelompok kemudian duduk secara berkelompok sesuai dengan posisi tempat duduk 
·         Pendidik menyampaikan  tugas yang harus dilakukan oleh masing- masing kelompok
·         Peserta didik menyiapkanbuku, mencari materi, dan melakukan pengamatan terhadap gambar/foto/film terkait materi. (browsing internet)

(menanya)
Setiap kelompok mendapatkan tugas  berbedamenganalisa tentang keteladanan tokoh-tokoh yang telah berjasa menghadapi ancaman disintegrasi bangsamelalui studi pustaka, eksplorasi internet, mendiskusikan dan menjawab permasalahan-permasalahan berikut :
ü  Kriteria yang dapat menjadikan seseorang mendapat gelar pahlawan nasional
ü  Tokoh yang berjasa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa

(menalar)
·   Setiap anggota kelompok  terlibat secara aktif  dalam mendeskripsikan atau memecahkan permasalahan-permasalahan di atas
·   Semua  anggota kelompok mencatat hasil diskusi
(mengasosiasikan)
·        Masing-masing  kelompok menggabungkan hasil pengamatan dari berbagai sumber untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan guru

(mengomunikasikan)
·        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·        Dengan dibantu guru, peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
60 menit
Penutup
·    Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·    Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·    Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 menit

I.        PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Teknik Penilaian  : Tes dan Non Tes
Bentuk Test          : Uraian dan Lembar Observasi
Instrumen             :
Soal Uraian (Lisan) :
1.       Apa sajakah pemberontakan yang terjadi antara tahun 1948-1965 yang berkaitan dengan kepentingan?
2.       Jelaskan bukti Amerika Serikat terlibat dalam pemberontakan PRRI dan Permesta ! Mengapa Amerika Serikat dapat melibatkan diri ?


Kunci Jawaban :
1.       Pemberontakan yang berkaitan dengan kepentingan :
-          APRA
-          Andi Azis
-          RMS
2.       Bukti : adanya pilot berkewarganegaraan Amerika Serikat, Allen Pope yang tertembak pada saat penyerangan terhadap PRRI dan Permesta.  Alasan keterlibatan : Amerika Serikat tidak mau Indonesia jatuh ke tangan komunis.

Pedoman penilaian :
Setiap soal apabila tepat akan diberi nilai  25
Skor Nilai tertinggi (apabila menjawab dengan sempurna ) masing-masing soal nilai 25
Apabila hanya bisa menjawab 1 atau tidak menjawab, diberi nilai 5

Kriteria penilaian :
100                 : Istimewa
90-85             : Sangat baik
84-80             : Baik
79-76             : Cukup


Tugas:
Membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari @ 4 orang untuk mencari informasi mengenai pahlawan atau tokoh yang telah berjuang menghadapi ancaman disintegrasi bangsa di daerah mereka.  Tokoh-tokoh dapat dibagi dalam kategori : sastra, tentara, tokoh pemerintahan, bangsawan, dsb.  Didiskusikan dan dipresentasikan dalam bentuk alat peraga/power point dan makalah !


Lembar Penilaian Kinerja Diskusi (Lembar AktivitasSiswa)

No

Nama Peserta didik
Kesungguhan dalam diskusi (10)
Partisipasi dalam presentasi
(10)

Kerja Sama (10)

Total score
1





2





3





4





5






Rentang nilai untuk setiap item diskusi : 1- 10
Keterangan Total Score :  10 : kurang
20 : Cukup                      
30 : Baik





0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang santun

Comments

Popular Posts

Powered by Blogger.

Author