RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK/SMA…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester
|
:
|
X / 1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Sejarah Indonesia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi
Pokok
|
:
|
Menelusuri
peradaban awal di kepulauan indonesia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub
Materi Pokok
|
:
|
Mengenal
api
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
Ke-
|
:
|
8
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A
|
Kompetensi Inti:
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B
|
Kompetensi Dasar :
1.1
Menghayati keteladanan para
pemimpin dalam mengamalkan ajarannya.
2.2 Meneladani sikap dan tindakan
cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah
dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
3.2
Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
4.2 Menyajikan hasil penalaran
mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman Praaksara
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C
|
Indikator pencapaian kompetensi
3.2.5.
Menganalisis corak kehidupan masyarakat
praaksara
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D
|
Tujuan pembelajaran
1.
Dengan diskusi kelompok tentang
proses pembuatan api peserta didik dapat menganalisis proses penemuan api
oleh manusia praaksara,
2.
Dengan diskusi kelompok tentang
proses pembuatan api menjelaskan berbagai manfaat api bagi manusia zaman
praaksara.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E
|
Materi ajar
a. Menghangatkan
diri dari cuaca dingin
b. Memasak makanan
c. Senjata
d. Sumber
penerangan
e.
Membuka lahan baru (slash and burn)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F
|
Metode pembelajaran
Metode Pembelajaran : Diskusi, Ceramah, tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran : Scientifik/ Ilmiah
Model
Pembelajaran : Project Based
Learning, Problem Based
Learning,
Discovery Learning dsb
Baca : RPP Mata Pelajaran Sejarah Kelas 12 Materi Pokok Sistem Pemerintahan Pada Masa Demokrasi Parlementer |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G Kegiatan Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H. Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
a. Peta persebaran manusia zaman
praaksara
b. Gambar sekkelompok manusia zaman
praaksara yang sedang mengelilingi api
c. Contoh batu api
d. Kartu pertanyaan
2. Sumber Belajar
Buku
sumber Sejarah SMA Klas X
a. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I. Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
Baca : RPP Sejarah Kelas 10 Materi Pokok Manusia Purba Zaman Prakarsa
1. Teknik : Test dan Non Test
2. Bentuk :
Test : Tertulis
Soal-sal tes :
1.
Jelaskan tentang proses penemuan api bagi manusia
zaman praksara?
2.
Jelaskan manfaat api oleh manusia praaksara !
Non Test : Penilaian kinerja, Penilaian Portofolio, Penilaian Proyek
3. Instrumen Penilaian :
Tertulis : Essay
Penilaian kinerja, Penilaian Portofolio
4. Kunci jawaban Test
Proses penemuan
api dan manfaat api oleh manusia praaksara !
Menggunakan batu keras (batu api) yang
dibenturkan pada batu lainnya akan menghasilkan percikan api,percikan
tersebut kemudian ditangkap dengan dedaunan kering,lumut atau material lain
yang kering hingga menimbulkan api. Pembuatan api juga dapat dilakukan dengan
menggosok suatu benda terhadap benda lain, baik secara berputar, berulang
atau bolak balik, misalnya dengan material sepotong kayu keras
1. Manfaat
api bagi manusia :
- Menghangatkan
diri dari cuaca dingin
- Untuk
teknologi memasak makanan (memasak dengan cara membakar menggunakan bumbu
atau ramuan tertentu
- Untuk
digunakan sebagai senjata
- Digunakan
dalam upacara keagamaan
Selain digunakan untuk penerangan dan
juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada zaman praaksara api juga
digunakan sebagai senjata terutama untuk menghalau binatang buas
2. Pedoman Penilaian
Penskoran
Setiap
nomor skor 5
Penilaian
: 5 X 2 = 10
3. Tugas
4. Teknik : Test dan Non Test
5. Bentuk
a. Sikap
-
observasi, penilaian diri, penilaian “teman
sejawat”(peer evaluation) oleh peserta
didik dan Jurnal
b. Pengetahuan
-
Test tertulis, Test Lisan, Penugasan
c. Keterampilan
-
penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut
peserta didik mendemonstrasikan suatu
kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian
portofolio
6.
Instrumen
Penilaian
a. Sikap
-
Observasi, Penilaian diri,
Penilaian teman sejawat : daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang disertai rubrik,
-
Jurnal : catatan pendidik.
b. Pengetahuan
-
Test tertulis :
soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah,
menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran
-
Test Lisan : daftar pertanyaan
-
Penugasan : pekerjaan
rumah dan/atau projek
yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas
c. Keterampilan
-
Daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang dilengkapi rubrik.
a. Non Tes
Penilaian:
LEMBAR PENGAMATAN/ OBSERVASI
DISKUSI KELOMPOK
1.
Penilaian
dilakukan selama pembelajaran berlangsung
2.
Hasil
penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3.
Aspek yang
dinilai:
Ket: KB : Kurang Baik
B : Baik
SB : Sangat baik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK/SMA…..
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester
|
:
|
X / 1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Sejarah Indonesia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi
Pokok
|
:
|
Menelusuri
peradaban awal di kepulauan indonesia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub
Materi Pokok
|
:
|
Mengenal
api
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
Ke-
|
:
|
8
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A
|
Kompetensi Inti:
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B
|
Kompetensi Dasar :
1.1
Menghayati keteladanan para
pemimpin dalam mengamalkan ajarannya.
2.2 Meneladani sikap dan tindakan
cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah
dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
3.2
Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
4.2 Menyajikan hasil penalaran
mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman Praaksara
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C
|
Indikator pencapaian kompetensi
3.2.5.
Menganalisis corak kehidupan masyarakat
praaksara
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D
|
Tujuan pembelajaran
1.
Dengan diskusi kelompok tentang
proses pembuatan api peserta didik dapat menganalisis proses penemuan api
oleh manusia praaksara,
2.
Dengan diskusi kelompok tentang
proses pembuatan api menjelaskan berbagai manfaat api bagi manusia zaman
praaksara.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E
|
Materi ajar
a. Menghangatkan
diri dari cuaca dingin
b. Memasak makanan
c. Senjata
d. Sumber
penerangan
e.
Membuka lahan baru (slash and burn)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F
|
Metode pembelajaran
Metode Pembelajaran : Diskusi, Ceramah, tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran : Scientifik/ Ilmiah
Model
Pembelajaran : Project Based
Learning, Problem Based
Learning,
Discovery Learning dsb
Baca : RPP Mata Pelajaran Sejarah Kelas 12 Materi Pokok Sistem Pemerintahan Pada Masa Demokrasi Parlementer |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G Kegiatan Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H. Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
a. Peta persebaran manusia zaman
praaksara
b. Gambar sekkelompok manusia zaman
praaksara yang sedang mengelilingi api
c. Contoh batu api
d. Kartu pertanyaan
2. Sumber Belajar
Buku
sumber Sejarah SMA Klas X
a. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I. Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
Baca : RPP Sejarah Kelas 10 Materi Pokok Manusia Purba Zaman Prakarsa
1. Teknik : Test dan Non Test
2. Bentuk :
Test : Tertulis
Soal-sal tes :
1.
Jelaskan tentang proses penemuan api bagi manusia
zaman praksara?
2.
Jelaskan manfaat api oleh manusia praaksara !
Non Test : Penilaian kinerja, Penilaian Portofolio, Penilaian Proyek
3. Instrumen Penilaian :
Tertulis : Essay
Penilaian kinerja, Penilaian Portofolio
4. Kunci jawaban Test
Proses penemuan
api dan manfaat api oleh manusia praaksara !
Menggunakan batu keras (batu api) yang
dibenturkan pada batu lainnya akan menghasilkan percikan api,percikan
tersebut kemudian ditangkap dengan dedaunan kering,lumut atau material lain
yang kering hingga menimbulkan api. Pembuatan api juga dapat dilakukan dengan
menggosok suatu benda terhadap benda lain, baik secara berputar, berulang
atau bolak balik, misalnya dengan material sepotong kayu keras
1. Manfaat
api bagi manusia :
- Menghangatkan
diri dari cuaca dingin
- Untuk
teknologi memasak makanan (memasak dengan cara membakar menggunakan bumbu
atau ramuan tertentu
- Untuk
digunakan sebagai senjata
- Digunakan
dalam upacara keagamaan
Selain digunakan untuk penerangan dan
juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada zaman praaksara api juga
digunakan sebagai senjata terutama untuk menghalau binatang buas
2. Pedoman Penilaian
Penskoran
Setiap
nomor skor 5
Penilaian
: 5 X 2 = 10
3. Tugas
4. Teknik : Test dan Non Test
5. Bentuk
a. Sikap
-
observasi, penilaian diri, penilaian “teman
sejawat”(peer evaluation) oleh peserta
didik dan Jurnal
b. Pengetahuan
-
Test tertulis, Test Lisan, Penugasan
c. Keterampilan
-
penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut
peserta didik mendemonstrasikan suatu
kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian
portofolio
6.
Instrumen
Penilaian
a. Sikap
-
Observasi, Penilaian diri,
Penilaian teman sejawat : daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang disertai rubrik,
-
Jurnal : catatan pendidik.
b. Pengetahuan
-
Test tertulis :
soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah,
menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran
-
Test Lisan : daftar pertanyaan
-
Penugasan : pekerjaan
rumah dan/atau projek
yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas
c. Keterampilan
-
Daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang dilengkapi rubrik.
a. Non Tes
Penilaian:
LEMBAR PENGAMATAN/ OBSERVASI
DISKUSI KELOMPOK
1.
Penilaian
dilakukan selama pembelajaran berlangsung
2.
Hasil
penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3.
Aspek yang
dinilai:
Ket: KB : Kurang Baik
B : Baik
SB : Sangat baik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang santun