Wednesday, February 21, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUANPENDIDIKAN      :  SMK/SMA……..
KELAS/ SEMESTER           :  X/ 1
MATA PELAJARAN            :  Sejarah Indonesia
                                    MATERI POKOK                 :  Menelusuri Peradaban                                                           Awal di Kepulauan                                                               Indonesia
                                    SUB MATERI POKOK        :  Zaman berburu-meramu                                                       sampai zaman bercocok                                                        tanam
PERETEMUAN KE-             : 9
ALOKASI WAKTU              : 2 X 45


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ,gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1     Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.3     Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.2.  Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
 4.2. Menyajikan  hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara 
        dalam bentuk tulisan                                                                                                                                  

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.5.Meanganalisis corak kehidupan masyarakat praaksara

D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.      Melalui membaca buku teks  peserta didik dapat menganalisis pola pola kehidupan nomaden dengan kegiatan meramu dan mengumpulkan makanan.
2.      Melalui pengamatan dan membaca buku teks pesreta didik dapat menganalisis pola kehidupan bercocok tanam dan bertempat tinggal tetap
3.      Melalui membaca buku teks peserta didik dapat menganalisis sistem kepercayaan manusia zaman praaksara


E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pola kehidupan manusia zaman praaksara
2.      Sistem kepercayaan manusia zaman praaksara
F.     METODE PEMBELAJARAN
  1. Metode                        :  Diskusi , ceramah bervariasi, penugasan
  2. Pendekatan     :  Scientific Learning
  3. Model              :  Problem Base Learning dan Discovery Learning
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi
waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam pembuka
·         Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran (kebersihan dan kenyamanan)
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Mengabsen  kehadiran siswa
·         Appersepsi : mengkaitkan antara pelajaran yang lalu dengan pelajaran hari ini
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point
10 menit
Inti
MENGAMATI
·     Mengamati gambar kehidupan zaman berburu , meramu sampai bercocok tanam serta system kepercayaan
·     Pesertadidik membaca buku teks halaman 39 – 45 untuk memahami materi zaman berburu –meramu sampai bercocok tanam serta system kepercayaan
MENANYA
·     Peserta didik  mengajukan pertanyaan dari apa yang sudah mereka baca dan mereka amati
MENALAR
Peserta didik menjawab pertanyaan teman diskusi dalam kelompokahli
MENCOBA
·     Guru meminta peserta didik untuk membuat kelompok,setiap kelompok terdi berjumlah 5 ataau 6 siswa .
·     Setiap kelompok melakukan diskusi  di dalam kelompoknya mengenai materi pembelajaran
·     Setiap Peserta didik mencatat hasil diskusi dari kelompoknya
MEMBUAT JEJARING
·     Guru menunjuk salah satu kelompok untuk melakukan presentasi hasil diskusi kelompoknya  di dalam diskusi kelas.
·     Anggota Kelompok yang lain bisa menanggapi,menanyanakan, memberi  masukan atau memberi penguatan
·     Peserta didik bersama-sama membuat  laporan hasil  diskusi kelas
60 menit
Penutup
·     Siswa menyimpulkan materi  tentang  pola kehidupan dan sistem kepercayaan manusia pra aksara
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa diberi tugas untuk mengerjakan uji kompetensi  dalam buku teks halaman 42,Tugas dikumpulkan pada pertemuan minggu yang akan datang
·         Siswa mendapat penjelasan mengenai materi pelajaran yang akan datang,agar siswa mempersiapkan dengan menggali berbagai sumber
·         Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam
20 menit
H.    ALAT  DAN SUMBER BELAJAR
1.      Alat                                   : White Board, spidol, lap top, LCD,Lembar Observasi, LembarTugas
2.      Sumber Belajar      :
a.       --------. 2013. Sejarah Indonesia. Jakarta. Kemendikbud.
b.      I Wayan Badrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta: Penerbit Erlangga
c.       Siti Waridah dkk,2000, Sejarah nasional dan sejarah umum ,Bumi  aksara,Jakarta
I.       PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik :
a.       Tes
b.      Non Tes
2.      Bentuk :
a.       Tertulis
b.      Penilaian Kinerja
3.      Instrumen
a.       Test tertulis : Soal Essay
              Kerjakan soal berikut ini dengan tepat !
1)      Jelaskan tahap-tahap masa kehidupan manusia praaksara !
2)      Bagaimana ciri-ciri dari kehidupan zaman bercocok tanam ?Jelaskan !
3)      Jelaskan perbedaan ciri  kehidupan nomaden dengan bercocok tanam
4)      Bagaimana ciri-ciri alat hidup  zaman berburu-meramu sampai bercocok tanam
5)      Jelaskan perbedaan antara kepercayaan animisme,dinamisme,dan totemisme

b.      Penilaian Kinerja : Lembar Observasi
No
        Nama
Aspek Penilaian
Keaktifan
Ketertiban di kelas
Tanggungjawab
Toleransi

1





2





3





4






Kunci Jawaban Soal uraian
1)      Masa kehidupan manusia praaksara melalui fase/tahap yaitu : masa berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering), dan masa bercocok tanam ( food producing)
2)      Karakteristik/ ciri dari kehidupan bercocok tanam yaitu :sudah mulai menetap, sudah mengenal menanam, masih berpindah-pindah tapi dalam waktu yang lebih lama untuk mencarid aerah yang masihsubur, tinggal di gua-gua yang besar, ada pembagian tugas laki-laki berburu sedangkan wanita menanam dan mengasuh anak.
3)      Ciri-ciri pola kehidupan nomaden antara lain :Kehidupan yang tergantung pada alam, kehidupan masih mengembara,belum mengenal cocok tanam. Tetapi manusia sudah bias meramu bumbu dan memasak meskipun sangat sederhana
4)      Kehidupan nomaden ;tergantung pada alam, tinggal dalam kelompok kecil, hidup di gua-gua, berpindah-pindah.
Kehidupan bercocok tanam dan menetap ; hidup dalam suatu kelompok masyarakat, mulai bercocok tanam dan beternak, tidaklagiter gantung pada alam, adapemimpin.
5)      Kepercayaan animisme yaitu percaya kepada roh-roh/arwah leluhur
Kepercayaan dinamisme yaitu orang percaya bahwa benda benda di alam semesta ini mempunyai kekuatan gaib.
Kepercayaan totemisme yaitu orang percaya bahwa binatang-binatang tertentu merupakan penjelmaan dewa sehingga harus dikeramatkan.

4.      Pedoman Penskoran
a.       Test tertulis :
N0
Nilai
1
25
2
15
3
15
4
20
5
25
Jml N. Akhir
100

                       Penilaian Kinerja
       Pedoman pengisian Lembar observasi
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 = baik sekali
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Nilai = Jumlah skor penilaian  X 100
            Skor maksimal ( 16 )

Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : baik sekali
B = 70 – 79   : baik
C = 60 – 69   : cukup

D = < 60        : kurang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUANPENDIDIKAN      :  SMK/SMA……..
KELAS/ SEMESTER           :  X/ 1
MATA PELAJARAN            :  Sejarah Indonesia
                                    MATERI POKOK                 :  Menelusuri Peradaban                                                           Awal di Kepulauan                                                               Indonesia
                                    SUB MATERI POKOK        :  Zaman berburu-meramu                                                       sampai zaman bercocok                                                        tanam
PERETEMUAN KE-             : 9
ALOKASI WAKTU              : 2 X 45


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ,gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1     Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.3     Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.2.  Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
 4.2. Menyajikan  hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara 
        dalam bentuk tulisan                                                                                                                                  

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.5.Meanganalisis corak kehidupan masyarakat praaksara

D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.      Melalui membaca buku teks  peserta didik dapat menganalisis pola pola kehidupan nomaden dengan kegiatan meramu dan mengumpulkan makanan.
2.      Melalui pengamatan dan membaca buku teks pesreta didik dapat menganalisis pola kehidupan bercocok tanam dan bertempat tinggal tetap
3.      Melalui membaca buku teks peserta didik dapat menganalisis sistem kepercayaan manusia zaman praaksara


E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pola kehidupan manusia zaman praaksara
2.      Sistem kepercayaan manusia zaman praaksara
F.     METODE PEMBELAJARAN
  1. Metode                        :  Diskusi , ceramah bervariasi, penugasan
  2. Pendekatan     :  Scientific Learning
  3. Model              :  Problem Base Learning dan Discovery Learning
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi
waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam pembuka
·         Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran (kebersihan dan kenyamanan)
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Mengabsen  kehadiran siswa
·         Appersepsi : mengkaitkan antara pelajaran yang lalu dengan pelajaran hari ini
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point
10 menit
Inti
MENGAMATI
·     Mengamati gambar kehidupan zaman berburu , meramu sampai bercocok tanam serta system kepercayaan
·     Pesertadidik membaca buku teks halaman 39 – 45 untuk memahami materi zaman berburu –meramu sampai bercocok tanam serta system kepercayaan
MENANYA
·     Peserta didik  mengajukan pertanyaan dari apa yang sudah mereka baca dan mereka amati
MENALAR
Peserta didik menjawab pertanyaan teman diskusi dalam kelompokahli
MENCOBA
·     Guru meminta peserta didik untuk membuat kelompok,setiap kelompok terdi berjumlah 5 ataau 6 siswa .
·     Setiap kelompok melakukan diskusi  di dalam kelompoknya mengenai materi pembelajaran
·     Setiap Peserta didik mencatat hasil diskusi dari kelompoknya
MEMBUAT JEJARING
·     Guru menunjuk salah satu kelompok untuk melakukan presentasi hasil diskusi kelompoknya  di dalam diskusi kelas.
·     Anggota Kelompok yang lain bisa menanggapi,menanyanakan, memberi  masukan atau memberi penguatan
·     Peserta didik bersama-sama membuat  laporan hasil  diskusi kelas
60 menit
Penutup
·     Siswa menyimpulkan materi  tentang  pola kehidupan dan sistem kepercayaan manusia pra aksara
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa diberi tugas untuk mengerjakan uji kompetensi  dalam buku teks halaman 42,Tugas dikumpulkan pada pertemuan minggu yang akan datang
·         Siswa mendapat penjelasan mengenai materi pelajaran yang akan datang,agar siswa mempersiapkan dengan menggali berbagai sumber
·         Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam
20 menit
H.    ALAT  DAN SUMBER BELAJAR
1.      Alat                                   : White Board, spidol, lap top, LCD,Lembar Observasi, LembarTugas
2.      Sumber Belajar      :
a.       --------. 2013. Sejarah Indonesia. Jakarta. Kemendikbud.
b.      I Wayan Badrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta: Penerbit Erlangga
c.       Siti Waridah dkk,2000, Sejarah nasional dan sejarah umum ,Bumi  aksara,Jakarta
I.       PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik :
a.       Tes
b.      Non Tes
2.      Bentuk :
a.       Tertulis
b.      Penilaian Kinerja
3.      Instrumen
a.       Test tertulis : Soal Essay
              Kerjakan soal berikut ini dengan tepat !
1)      Jelaskan tahap-tahap masa kehidupan manusia praaksara !
2)      Bagaimana ciri-ciri dari kehidupan zaman bercocok tanam ?Jelaskan !
3)      Jelaskan perbedaan ciri  kehidupan nomaden dengan bercocok tanam
4)      Bagaimana ciri-ciri alat hidup  zaman berburu-meramu sampai bercocok tanam
5)      Jelaskan perbedaan antara kepercayaan animisme,dinamisme,dan totemisme

b.      Penilaian Kinerja : Lembar Observasi
No
        Nama
Aspek Penilaian
Keaktifan
Ketertiban di kelas
Tanggungjawab
Toleransi

1





2





3





4






Kunci Jawaban Soal uraian
1)      Masa kehidupan manusia praaksara melalui fase/tahap yaitu : masa berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering), dan masa bercocok tanam ( food producing)
2)      Karakteristik/ ciri dari kehidupan bercocok tanam yaitu :sudah mulai menetap, sudah mengenal menanam, masih berpindah-pindah tapi dalam waktu yang lebih lama untuk mencarid aerah yang masihsubur, tinggal di gua-gua yang besar, ada pembagian tugas laki-laki berburu sedangkan wanita menanam dan mengasuh anak.
3)      Ciri-ciri pola kehidupan nomaden antara lain :Kehidupan yang tergantung pada alam, kehidupan masih mengembara,belum mengenal cocok tanam. Tetapi manusia sudah bias meramu bumbu dan memasak meskipun sangat sederhana
4)      Kehidupan nomaden ;tergantung pada alam, tinggal dalam kelompok kecil, hidup di gua-gua, berpindah-pindah.
Kehidupan bercocok tanam dan menetap ; hidup dalam suatu kelompok masyarakat, mulai bercocok tanam dan beternak, tidaklagiter gantung pada alam, adapemimpin.
5)      Kepercayaan animisme yaitu percaya kepada roh-roh/arwah leluhur
Kepercayaan dinamisme yaitu orang percaya bahwa benda benda di alam semesta ini mempunyai kekuatan gaib.
Kepercayaan totemisme yaitu orang percaya bahwa binatang-binatang tertentu merupakan penjelmaan dewa sehingga harus dikeramatkan.

4.      Pedoman Penskoran
a.       Test tertulis :
N0
Nilai
1
25
2
15
3
15
4
20
5
25
Jml N. Akhir
100

                       Penilaian Kinerja
       Pedoman pengisian Lembar observasi
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 = baik sekali
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Nilai = Jumlah skor penilaian  X 100
            Skor maksimal ( 16 )

Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : baik sekali
B = 70 – 79   : baik
C = 60 – 69   : cukup

D = < 60        : kurang

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang santun

Comments

Popular Posts

Powered by Blogger.

Author