Wednesday, February 21, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMK/SMA….
Kelas/ Semester             : X  Semua Jurusan /1
Mata Pelajaran               : Sejarah Indonesia
Materi Pokok                 : Menelusuri Peradaban Awal di                                              Kepulauan Indonesia
Sub Materi Pokok          : Terbentuknya Kepulauan                                                      Indonesia
Pertemuan ke                  :  2                               
Alokasi                           : 2 X 45 menit


A.       Kompetensi Inti
1.      Menghayati  dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai ), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social adan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar dan mengkaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipaelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar    

1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam  Kehidupan sehari hari
2.3. Berlaku jujur dan bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.2.Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman Praaksara.
4.2.Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan


C. Indikator Pencapaian kompetensi     :
1. Menjelaskan proses alam terjadinya Kepulauan Indonesia
2. Mengidentifikasi jenis flora dan fauna di Kepulauan Indonesia

D. Tujuan Pembelajaran.                                                     :
           1  Dengan menelaah buku siswa dapat menjelaskan proses alam terbentuknya Kepulaua Indonesia.
           2  Dengan mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat menganalisis pembabakan waktu              pada zaman Praaksara
           3  Dengan mengamati Peta peserta didik dapat menunjukan di peta Indonesia  tempat yang rawan            terjadinyagempa serta tandai dg garismerah
           4  Dengan mengamati Peta Dunia peserta didik dapat menemukan potensi bangsa Indonesia                    karena berada di tempat sangat strategis pada Peta Dunia
           5  Melalui download diinternetpesertadidikdapatmenemukaninformasitentangperkembangan Flora          dan Fauna diZona Wallace.

E. Materi Ajar
    1. Proses terbentuknya Kepulauan Indonesia.
    2. PembabakanwaktuZamanPraaksara.
    3.Terjadinya Kepulauan Indonesia
    4.   Letak kepualaun Indonesia yang rawan bencana ( Gunung Api/ gempa)
    5. Keanekaragaman Flora dan Fauna dikepulauan Indonesia bagian Barat danTimur.
                                                              
F. Metode Pembelajaran
1.    Pendekatanpembelajaran    : scientific learning
2.    MetodePembelajaran          :Observasi, Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
3.    Strategipembelajaran          : Cooperativ learning: Jigsaw

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru mengajak peserta didik untuk berdoa
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Mengabsensi pesertadidik
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya
·          Menjelaskan materi yang akan dibahas hari ini .tujuan pembelajaran serta criteria penilaian.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 Menit
Inti
Mengamati
·         Peserta didik memperhatikan peta dunia untuk menemukan kepulauan Indonesia yang letaknya sangat strategis, menemukan serta potensi  termasuk potensi sering terjadinya gempa bumi
·         Guru membagi Pesertadidikdalam 6 kelompok yang beranggotakan 4 orangdan masing - masing kelompokmendiskusikan  masalah yang ada dalam kartu soal
·         Guru membagi kartu soal:
1.      Proses terbentuknyaKepulauan Indonesia.
2.      Rumusan tentang pembabakan waktu zaman Praksara
3.      Hikmah Dan potensi bagi bangsa Indonesia yang hidup pada lingkungan geologis Indonesia
4.      Mengidentifikasi jenis jenis Flora dan fauna di Indonesia
Menanya
·         Langkah 1: Kelompok kelompok awal mendiskusikan masalah sesuai dengan no yang di dapat
·         Langkah2: Diskusi kelompok ahli : Anggota kelompok  memisahkan diri sesuai dengan no yang didapat  dan mendiskusikan kembali masalah yang telah dikerjakan di kelompok awal
·         Langkah ke 3: kelompok ahli kembali ke kelompok awal untuk membawa hasil diskusi di kelompok ahli dan menyampaikan kepada seluruh anggota kelompok awal
Menalar
·         Setiappeserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dalam diskusi tersebut
Mencoba
·         Pesertadidik menelaah buku dan mencari informasi dari internet tentang jenis Flora dan Fauna di Indonesia ,
·         peserta didik menceritakan kembali kepada teman-temannya dalam diskusi dengan 3-5 kalimat/cerita singkat
·         Setiap peserta didik yang tergabung dalam kelompok mencatat hasil diskusi
Membangun Jejaring
·         Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi dan masing2 kelompok mempresentasikan didepan kelas dan kelompok lain menanggapi.


60 menit
Penutup
·         Dengan dibantu guru, peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Peserta didik menyimpulkan nilai2  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari
·         Memberi tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas mandiri dirumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·         Pembelajaran diakhiri dengan doa/salam penutup.
20 Menit

H. Alat dan Sumber Belajar
 1. Alat dan bahan    : Slide power point,PetaDunia,
2.  Sumber Belajar    :
              Sardiman dkk, 2013, Sejarah Indonesia kelas X, Jakarta: Kemendikbud
              ….                   ,2013, Buku Panduan Guru Sejarah Indonesia kelas X, Jakarta : Kemendikbud
              Internet ( http/www. Teori terjadinya bumi
              Peta IndonesiadanDunia

I. Penilaian Proses dan hasil belajar
1. Teknik: tes dan non tes
2. Bentuk :
    a. Tes           : tes tertulis
    b. Non Tes   : penilaian portofolio, penilaian kinerja
 3. Instrumen Penilaian Tes
Uraian  :
1.      Bagaimanaprosesalam terbentuknyaKepulauan Indonesia?
2.      BagaimanakahPembabakkanWaktuZamanPraaksara
3.      CarilahPerbedaan Jenis Flora dan Fauna di kepulauan Indonesia bagian Barat danTimurberdasarkan ciri – cirinya !
Kunci Jawaban :
1.        Proses alam terbentuknya kepulauan Indonesia adalah :
Sebuah teori geologi kuno menyebutkan, proses terbentuknya daratan yang terjadi di Asia belahan selatan adalah akibat proses pergerakan anak benua India ke utara yang bertabrakan dengan lempeng bumi bagian utara. Pergerakan lempeng bumi inilah yang kemudian melahirkan Gunung Himalaya. Konon proses yang terjadi pada 20-36 juta tahun yang silam itu menyebabkan sebagian anak benua di selatan terendam air laut, sehingga yang muncul di permukaan adalah gugusan-gugusan pulau (nusantara) yang merupakan mata rantai gunung berapi.
2.        Pembabakan waktu pada zaman praaksara adalah :
a.      Azoicum (Yunani: a = tidak; zoon = hewan),
Yaitu zaman :sebelum adanya kehidupan. Pada saat ini bumi baru terbentukdengan suhu yang relatif tinggi. Waktunya lebih dari satu
milyar tahun lalu.
b.      Palaezoicum, yaitu zaman purba tertua. Pada masa ini sudahmeninggalkan fosil flora dan fauna. Berlangsung kira-kira50.000.000 tahun.
c.       Mesozoicum, yaitu zaman purba tengah. Pada masa ini hewan, mamalia (menyusui), hewan amfibi, burung dan tumbuhanberbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140.000.000 tahun.
d.    Neozoicum, yaitu zaman purba baru, yang dimulai sejak 60.000.000 tahun yang lalu 
3.        Perbedaan jenis flora dan fauna antara Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur berdasarkan ciri – cirinya adalah :
a.       Wilayah Indonesia Barat
Meliputi Sumatera, jawa dan Kalimantan bercorak asia ( Asiatis)
Jenis hutan tropis: meranti, kamper, keruing, taluang dan mahoni
Fauna: gajah, badak, harimau dan Orang utan
b.      Wilayah Indonesia Timur
Meliputi papua dan pulau pulau sekitar bercorak Australian
Jenis flora : hutan tropis: Sagu dan nipah
Fauna : Binatang menyusui bertubuh kecil( kangguru) , jenis burung berwarna: cenderawasih, kasuari, nuri
 b. Non tes
            1. Lembar Pengamatan kerja kelompok
            2. Lembar pengamatan presentasi

            3. Pembuatan Laporan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMK/SMA….
Kelas/ Semester             : X  Semua Jurusan /1
Mata Pelajaran               : Sejarah Indonesia
Materi Pokok                 : Menelusuri Peradaban Awal di                                              Kepulauan Indonesia
Sub Materi Pokok          : Terbentuknya Kepulauan                                                      Indonesia
Pertemuan ke                  :  2                               
Alokasi                           : 2 X 45 menit


A.       Kompetensi Inti
1.      Menghayati  dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai ), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social adan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar dan mengkaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipaelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar    

1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam  Kehidupan sehari hari
2.3. Berlaku jujur dan bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.2.Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman Praaksara.
4.2.Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan


C. Indikator Pencapaian kompetensi     :
1. Menjelaskan proses alam terjadinya Kepulauan Indonesia
2. Mengidentifikasi jenis flora dan fauna di Kepulauan Indonesia

D. Tujuan Pembelajaran.                                                     :
           1  Dengan menelaah buku siswa dapat menjelaskan proses alam terbentuknya Kepulaua Indonesia.
           2  Dengan mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat menganalisis pembabakan waktu              pada zaman Praaksara
           3  Dengan mengamati Peta peserta didik dapat menunjukan di peta Indonesia  tempat yang rawan            terjadinyagempa serta tandai dg garismerah
           4  Dengan mengamati Peta Dunia peserta didik dapat menemukan potensi bangsa Indonesia                    karena berada di tempat sangat strategis pada Peta Dunia
           5  Melalui download diinternetpesertadidikdapatmenemukaninformasitentangperkembangan Flora          dan Fauna diZona Wallace.

E. Materi Ajar
    1. Proses terbentuknya Kepulauan Indonesia.
    2. PembabakanwaktuZamanPraaksara.
    3.Terjadinya Kepulauan Indonesia
    4.   Letak kepualaun Indonesia yang rawan bencana ( Gunung Api/ gempa)
    5. Keanekaragaman Flora dan Fauna dikepulauan Indonesia bagian Barat danTimur.
                                                              
F. Metode Pembelajaran
1.    Pendekatanpembelajaran    : scientific learning
2.    MetodePembelajaran          :Observasi, Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
3.    Strategipembelajaran          : Cooperativ learning: Jigsaw

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru mengajak peserta didik untuk berdoa
·         Guru membuka pertemuan dengan salam
·         Mengabsensi pesertadidik
·         Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya
·          Menjelaskan materi yang akan dibahas hari ini .tujuan pembelajaran serta criteria penilaian.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 Menit
Inti
Mengamati
·         Peserta didik memperhatikan peta dunia untuk menemukan kepulauan Indonesia yang letaknya sangat strategis, menemukan serta potensi  termasuk potensi sering terjadinya gempa bumi
·         Guru membagi Pesertadidikdalam 6 kelompok yang beranggotakan 4 orangdan masing - masing kelompokmendiskusikan  masalah yang ada dalam kartu soal
·         Guru membagi kartu soal:
1.      Proses terbentuknyaKepulauan Indonesia.
2.      Rumusan tentang pembabakan waktu zaman Praksara
3.      Hikmah Dan potensi bagi bangsa Indonesia yang hidup pada lingkungan geologis Indonesia
4.      Mengidentifikasi jenis jenis Flora dan fauna di Indonesia
Menanya
·         Langkah 1: Kelompok kelompok awal mendiskusikan masalah sesuai dengan no yang di dapat
·         Langkah2: Diskusi kelompok ahli : Anggota kelompok  memisahkan diri sesuai dengan no yang didapat  dan mendiskusikan kembali masalah yang telah dikerjakan di kelompok awal
·         Langkah ke 3: kelompok ahli kembali ke kelompok awal untuk membawa hasil diskusi di kelompok ahli dan menyampaikan kepada seluruh anggota kelompok awal
Menalar
·         Setiappeserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dalam diskusi tersebut
Mencoba
·         Pesertadidik menelaah buku dan mencari informasi dari internet tentang jenis Flora dan Fauna di Indonesia ,
·         peserta didik menceritakan kembali kepada teman-temannya dalam diskusi dengan 3-5 kalimat/cerita singkat
·         Setiap peserta didik yang tergabung dalam kelompok mencatat hasil diskusi
Membangun Jejaring
·         Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi dan masing2 kelompok mempresentasikan didepan kelas dan kelompok lain menanggapi.


60 menit
Penutup
·         Dengan dibantu guru, peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Peserta didik menyimpulkan nilai2  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari
·         Memberi tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas mandiri dirumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
·         Pembelajaran diakhiri dengan doa/salam penutup.
20 Menit

H. Alat dan Sumber Belajar
 1. Alat dan bahan    : Slide power point,PetaDunia,
2.  Sumber Belajar    :
              Sardiman dkk, 2013, Sejarah Indonesia kelas X, Jakarta: Kemendikbud
              ….                   ,2013, Buku Panduan Guru Sejarah Indonesia kelas X, Jakarta : Kemendikbud
              Internet ( http/www. Teori terjadinya bumi
              Peta IndonesiadanDunia

I. Penilaian Proses dan hasil belajar
1. Teknik: tes dan non tes
2. Bentuk :
    a. Tes           : tes tertulis
    b. Non Tes   : penilaian portofolio, penilaian kinerja
 3. Instrumen Penilaian Tes
Uraian  :
1.      Bagaimanaprosesalam terbentuknyaKepulauan Indonesia?
2.      BagaimanakahPembabakkanWaktuZamanPraaksara
3.      CarilahPerbedaan Jenis Flora dan Fauna di kepulauan Indonesia bagian Barat danTimurberdasarkan ciri – cirinya !
Kunci Jawaban :
1.        Proses alam terbentuknya kepulauan Indonesia adalah :
Sebuah teori geologi kuno menyebutkan, proses terbentuknya daratan yang terjadi di Asia belahan selatan adalah akibat proses pergerakan anak benua India ke utara yang bertabrakan dengan lempeng bumi bagian utara. Pergerakan lempeng bumi inilah yang kemudian melahirkan Gunung Himalaya. Konon proses yang terjadi pada 20-36 juta tahun yang silam itu menyebabkan sebagian anak benua di selatan terendam air laut, sehingga yang muncul di permukaan adalah gugusan-gugusan pulau (nusantara) yang merupakan mata rantai gunung berapi.
2.        Pembabakan waktu pada zaman praaksara adalah :
a.      Azoicum (Yunani: a = tidak; zoon = hewan),
Yaitu zaman :sebelum adanya kehidupan. Pada saat ini bumi baru terbentukdengan suhu yang relatif tinggi. Waktunya lebih dari satu
milyar tahun lalu.
b.      Palaezoicum, yaitu zaman purba tertua. Pada masa ini sudahmeninggalkan fosil flora dan fauna. Berlangsung kira-kira50.000.000 tahun.
c.       Mesozoicum, yaitu zaman purba tengah. Pada masa ini hewan, mamalia (menyusui), hewan amfibi, burung dan tumbuhanberbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140.000.000 tahun.
d.    Neozoicum, yaitu zaman purba baru, yang dimulai sejak 60.000.000 tahun yang lalu 
3.        Perbedaan jenis flora dan fauna antara Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur berdasarkan ciri – cirinya adalah :
a.       Wilayah Indonesia Barat
Meliputi Sumatera, jawa dan Kalimantan bercorak asia ( Asiatis)
Jenis hutan tropis: meranti, kamper, keruing, taluang dan mahoni
Fauna: gajah, badak, harimau dan Orang utan
b.      Wilayah Indonesia Timur
Meliputi papua dan pulau pulau sekitar bercorak Australian
Jenis flora : hutan tropis: Sagu dan nipah
Fauna : Binatang menyusui bertubuh kecil( kangguru) , jenis burung berwarna: cenderawasih, kasuari, nuri
 b. Non tes
            1. Lembar Pengamatan kerja kelompok
            2. Lembar pengamatan presentasi

            3. Pembuatan Laporan

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang santun

Comments

Popular Posts

Powered by Blogger.

Author