Wednesday, February 21, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK/SMA ............
Kelas/Semester            : X/ 1  
Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia
Materi  Pokok              : Menelusuri Peradaban Awal Di                                            Kepulauan Indonesia
Sub Materi Pokok       : Kedatangan Deutro dan Proto                                               Melayu
Pertemuan  ke             : 10                             
Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit


A.      KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, responsive, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       KOMPETENSI DASAR 
1.   1.  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agama.
2.   1.  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu—Buddha, dan Islam
3.   3.  Menganalisis asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutro Melayu, dan Melanesoid).
4. 3.  Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutro Melayu, dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.

C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.         Menjelaskan asal daerah nenek moyang bangsa Indonesia.
2.         Menganalisis keterkaitan antara rumpun bangsa Proto Melayu, Deutro Melayu dan Melanesoid dengan asal usulnenek moyang Indonesia

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Menganalisis migrasi dan penyebaran ras asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.
2.         Menganalisis keterkaitan antara migrasi nenek moyang bangsa Indonesia dengan perkembangan budaya neolitikum.

E.       MATERI AJAR
1.    Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
2.    Persebaran ras di Indonesia
3.    Latar belakang migrasi Proto dan Deutro Melayu
4.    Route persebaran Proto Melayu dan Deutro Melayu
5.    Nilai-nilai luhur Proto dan Deutero Melayu

F.       METODE PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran         :     Diskusi, Ceramah, tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran   :     Scientifik/ Ilmiah
Model  Pembelajaran          :     Project Based Learning, Problem Based Learning, Discovery Learning dsb

G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·         Berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran peserta didik
·         Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·         Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
·         Menanyakan  kesiapan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran 
·         Merievew pelajaran yang diberikan  pada minggu sebelumya
·         Menyanyikan lagu nenek  moyangku seorang pelaut
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik
·         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·         Mempersiapkan materi ajar dan alat/ media pembelajaran

10 Menit
Inti
MENGAMATI
·      Peserta didik mengamati peta jalur migrasi nenek moyang bangsa Indonesia
·      Peserta didik membaca buku teks untuk mengetahui latar belakang migrasi  Proto Melayu dan Deutero Melayu menuju kepulauan Indonesia

MENANYA
·      Melalui membaca buku teks ( halaman 46-48 ), peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan, misalnya :
1.      Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang asal-usul bangsa Indonesia?
2.      Menurut pendapatmu faktor apa saja yang mendorong migrasi Proto dan Deutro Melayu?
3.      Jelaskan Rute Persebaran Proto dan Deutero Melayu berdasarkan peta sejarah!
4.      Sebutkan contoh-contoh hasil kebudayaan Proto Deutero Melayu!


MENALAR
·      Untuk menjawab pertanyaan-pertayaan tersebut, peserta didik diminta melakukan diskusi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang anggota

MENCOBA
·         Peserta didik melaksanakan diskusi “siapakah aku”
·          Kelas dibagi menjadi 5 kelompok jumlah masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar .
·         Setiap kelompok mendapat satu pasang kartu yang berisi pertanyaan dan 5 amplop.
·         Kemudian dengan kelompok lain memulai permainan secara bersama-sama
·         Masing-masing anggota kelompokbekerjasama menyeselaikan dengan memasukkan kartu kedalam amplop   yang sudah sesuai antara kartu dengan amplop.
·         Setiap kelompok yang selesai ditulis kecepatannya dan dihargai dengan nilai
·         Setelah selesai seluruh kelompok kemudian dinilai oleh guru, kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjasamanya, dan ditanggapi oleh kelompok lain. 

MEMBUAT JEJARING
·         Dengan dibantu guru, peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·         Mengerjakan tugas mandiri terstuktur sebagai pekerjaan rumah guna merefleksi dari materi yang telah dibahas
60 Menit
Penutup
·     Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh setelah mempelajari topik asal-usul nenek moyang di Indonesia
·     Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·     Memberikan tugas sebagai pekerjaan rumah dari materi yang telah dibahas
·     Menutup dengan salam

20 Menit

H.      ALAT/ BAHAN/SUMBER BAHAN
1.         Alat : Gambar rutePersebaran dan gambar ras Persebaran Proto dan Deutero Melayu
Bahan : , power pint, LCD.
2.         Sumber Belajar
·      ....... 2013. Sejarah Indonesia SMK Kelas X. Jakarta: Erlangga
·      Djoened Poesponegoro, Marwati, dan Nugrohonotosusanto.2009. Sejarah Nasional II. Jakarta: Balai Pustaka
·      Soekmono,R.1985.Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2.Yogyakarta.
·      www.wikipedia.com

I.         Penilaian Proses dan Hasil Belajar
·         Teknik : Tes dan Non Tes
·         Bentuk : Uraian dan Tugas
·         Instrumen (Tes dan Non tes)


1. Tes  Uraian
1.      Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang asal-usul bangsa Indonesia?
2.      Jelaskan ciri-ciri ras negroid!
3.      Jelaskan rutepersebaran Proto Melayu berdasarkan peta sejarah!
4.      Jelaskan ciri-ciri fisik orang Indonesia!
5.      Sebutkan contoh-contoh hasil kebudayaan Proto -Deutero Melayu!

Jawaban :
1.      Menurut Sarasin bersaudara, penduduk asli Kepulauan Indonesia adalah ras berkulit gelap dan bertubuh kecil. Sebelum bangsa Melayu Austronesia masuk ke Indonesia, wilayah Indonesia sudah ada suku Weddid dan Negrito. Kedua suku tersebut berasal dari daerah Tonkin.Dari Tonkin kemudian menyebar ke Hindia Belanda, Indonesia, hingga pulau-pulau di Samudera Pasifik.Suku Bangsa Melayu yang terdapat di Indonesia dalam proses menetapnya dibedakan menjadi dua yaitu Bangsa Melayu Tua (Proto Melayu) dan Bangsa Melayu Muda (DeutroMelayu)
2.      Ciri dari ras berkulit hitam, bertubuh tinggi, dan berambut keriting. Ras ini datang ini dari Afrika. Di Indonesia ras ini sebagian besar mendiami daerah Papua. Keturunan ras ini terdapat di Riau (pedalaman) yaitu suku Siak (Sakai), serta suku Papua melanesoid mendiami Pulau Papua dan Pulau Melanesia.
3.      Di Indonesia Ras ini menyebar melalui 2 Jalur :
1)      Jalur pertama, melalui jalur barat dan membawa kebudayaan berupa kapak persegi. Dengan menempuh jalur darat dari Yunan mereka menuju ke Semenanjung Melayu melalui Thailand selanjutnya menuju ke Sumatra, Jawa, Bali, ada pula yang menuju Kalimantan dan berakhir di Nusa Tenggara.
Keturunan Proto Melayu yang melalui jalur ini adalah masyarakat/ Suku Batak , Nias(Sumatra Utara), Mentawai (Sumatra Barat), Suku Dayak (Kalimantan), dan Suku Sasak (Lombok).
2)     Jalur kedua, melalui jalur timur dan membawa kebudayaan berupa kapak lonjong. Dengan menempuh jalur laut dari Yunan (Teluk Tonkin) menyusuri Pantai Asia Timur menuju Taiwan, Filipina, kemudian ke daerah Sulawesi, Maluku, ke Irian selanjutnya sampai ke Australia. Peninggalan kapak lonjong banyak ditemukan di Papua. Keturunan Proto Melayu yang melalui jalur ini adalah suku Toraja (Sulawesi Selatan), Suku Papua (Irian), Suku Ambon, Ternate, Tidore (Maluku).
4.      Tinggi badan berkisar antara 135-180 cm,
Berat badan berkisar antara 30-75 kg,
Warna kulit berkisar antara kuning langsat dan coklat hitam,
Warna rambut antara coklat dan hitam,
Bentuk rambut antara lurus dan keriting.
5.      Proto Melayu              : kapak persegi/ beliung persegi, kapak lonjong
Duetro Melayu            : kebudayaan logam terutama benda-benda dari Perunggu, seperti nekara, moko, kapak corong, dan perhiasan.

2. Non tes
Pedoman Penilaian

No

Nama siswa

Aspek Penilaian Sikap/ketermpilan dalamdiskusi
Jumlah Skor

Nilai
Partisipasi/
keaktifan
Kerjasama
Dalam diskusi
Antusias
Bertanya/
menjawab
Kemampuan mengemukakan
pendapat











































Skor maksimum 20
Keterangan      :
                                    5 : sangat baik
                                    4 : Baik
                                    3 : Cukup
                                    2 : Kurang
                                    1 : Sangat Kurang
Hasil Penilaian            :           Jumlah perolehan skor X 10
                                    Skor maksimum
INSTRUMEN PENILAIAN  TUGAS
NO
ASPEK PENILAIAN
Skor
1
2
3
   1
Jumlah contoh yang diungkap



   2
Cakupan materi



   3
Ketepatan identifikasi siswa



   4
Hasil analisis



   5
Ketepatan simpulan kelompok



                                             Jumlah



                                  Jumlah total skor




Pedoman penilaian
Nilai 1 s/d 3 dengan ketentuan :
1.      Jumlah < 2, cakupan materi tidak lengkap, identifikasi tidak tepat, hasil analisis tidak ada, simpulan tidak tepat
2.      Jumlah 2 s/d 3, cakupan materi kurang lengkap, identifikasi kurang tepat, hasil amalisis kurang lengkap, simpulan kurang tepat
3.      Jumlah > 3, cakupan materi lengkap, idetifikasi tepat, hasil analisis lengkap, simpulan tepat
§  Skor minimal              : 3
§  Skor maksimal            : 15
§  Nilai Akhir ( N A )     :         Jumlah skor  X 100

    Skor maksimum
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK/SMA ............
Kelas/Semester            : X/ 1  
Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia
Materi  Pokok              : Menelusuri Peradaban Awal Di                                            Kepulauan Indonesia
Sub Materi Pokok       : Kedatangan Deutro dan Proto                                               Melayu
Pertemuan  ke             : 10                             
Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit


A.      KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, responsive, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       KOMPETENSI DASAR 
1.   1.  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agama.
2.   1.  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu—Buddha, dan Islam
3.   3.  Menganalisis asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutro Melayu, dan Melanesoid).
4. 3.  Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutro Melayu, dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.

C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.         Menjelaskan asal daerah nenek moyang bangsa Indonesia.
2.         Menganalisis keterkaitan antara rumpun bangsa Proto Melayu, Deutro Melayu dan Melanesoid dengan asal usulnenek moyang Indonesia

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Menganalisis migrasi dan penyebaran ras asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.
2.         Menganalisis keterkaitan antara migrasi nenek moyang bangsa Indonesia dengan perkembangan budaya neolitikum.

E.       MATERI AJAR
1.    Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
2.    Persebaran ras di Indonesia
3.    Latar belakang migrasi Proto dan Deutro Melayu
4.    Route persebaran Proto Melayu dan Deutro Melayu
5.    Nilai-nilai luhur Proto dan Deutero Melayu

F.       METODE PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran         :     Diskusi, Ceramah, tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran   :     Scientifik/ Ilmiah
Model  Pembelajaran          :     Project Based Learning, Problem Based Learning, Discovery Learning dsb

G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·         Berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran peserta didik
·         Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·         Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
·         Menanyakan  kesiapan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran 
·         Merievew pelajaran yang diberikan  pada minggu sebelumya
·         Menyanyikan lagu nenek  moyangku seorang pelaut
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik
·         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·         Mempersiapkan materi ajar dan alat/ media pembelajaran

10 Menit
Inti
MENGAMATI
·      Peserta didik mengamati peta jalur migrasi nenek moyang bangsa Indonesia
·      Peserta didik membaca buku teks untuk mengetahui latar belakang migrasi  Proto Melayu dan Deutero Melayu menuju kepulauan Indonesia

MENANYA
·      Melalui membaca buku teks ( halaman 46-48 ), peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan, misalnya :
1.      Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang asal-usul bangsa Indonesia?
2.      Menurut pendapatmu faktor apa saja yang mendorong migrasi Proto dan Deutro Melayu?
3.      Jelaskan Rute Persebaran Proto dan Deutero Melayu berdasarkan peta sejarah!
4.      Sebutkan contoh-contoh hasil kebudayaan Proto Deutero Melayu!


MENALAR
·      Untuk menjawab pertanyaan-pertayaan tersebut, peserta didik diminta melakukan diskusi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang anggota

MENCOBA
·         Peserta didik melaksanakan diskusi “siapakah aku”
·          Kelas dibagi menjadi 5 kelompok jumlah masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar .
·         Setiap kelompok mendapat satu pasang kartu yang berisi pertanyaan dan 5 amplop.
·         Kemudian dengan kelompok lain memulai permainan secara bersama-sama
·         Masing-masing anggota kelompokbekerjasama menyeselaikan dengan memasukkan kartu kedalam amplop   yang sudah sesuai antara kartu dengan amplop.
·         Setiap kelompok yang selesai ditulis kecepatannya dan dihargai dengan nilai
·         Setelah selesai seluruh kelompok kemudian dinilai oleh guru, kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjasamanya, dan ditanggapi oleh kelompok lain. 

MEMBUAT JEJARING
·         Dengan dibantu guru, peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Peserta didik menyimpulkan  nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
·         Mengerjakan tugas mandiri terstuktur sebagai pekerjaan rumah guna merefleksi dari materi yang telah dibahas
60 Menit
Penutup
·     Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh setelah mempelajari topik asal-usul nenek moyang di Indonesia
·     Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·     Memberikan tugas sebagai pekerjaan rumah dari materi yang telah dibahas
·     Menutup dengan salam

20 Menit

H.      ALAT/ BAHAN/SUMBER BAHAN
1.         Alat : Gambar rutePersebaran dan gambar ras Persebaran Proto dan Deutero Melayu
Bahan : , power pint, LCD.
2.         Sumber Belajar
·      ....... 2013. Sejarah Indonesia SMK Kelas X. Jakarta: Erlangga
·      Djoened Poesponegoro, Marwati, dan Nugrohonotosusanto.2009. Sejarah Nasional II. Jakarta: Balai Pustaka
·      Soekmono,R.1985.Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2.Yogyakarta.
·      www.wikipedia.com

I.         Penilaian Proses dan Hasil Belajar
·         Teknik : Tes dan Non Tes
·         Bentuk : Uraian dan Tugas
·         Instrumen (Tes dan Non tes)


1. Tes  Uraian
1.      Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang asal-usul bangsa Indonesia?
2.      Jelaskan ciri-ciri ras negroid!
3.      Jelaskan rutepersebaran Proto Melayu berdasarkan peta sejarah!
4.      Jelaskan ciri-ciri fisik orang Indonesia!
5.      Sebutkan contoh-contoh hasil kebudayaan Proto -Deutero Melayu!

Jawaban :
1.      Menurut Sarasin bersaudara, penduduk asli Kepulauan Indonesia adalah ras berkulit gelap dan bertubuh kecil. Sebelum bangsa Melayu Austronesia masuk ke Indonesia, wilayah Indonesia sudah ada suku Weddid dan Negrito. Kedua suku tersebut berasal dari daerah Tonkin.Dari Tonkin kemudian menyebar ke Hindia Belanda, Indonesia, hingga pulau-pulau di Samudera Pasifik.Suku Bangsa Melayu yang terdapat di Indonesia dalam proses menetapnya dibedakan menjadi dua yaitu Bangsa Melayu Tua (Proto Melayu) dan Bangsa Melayu Muda (DeutroMelayu)
2.      Ciri dari ras berkulit hitam, bertubuh tinggi, dan berambut keriting. Ras ini datang ini dari Afrika. Di Indonesia ras ini sebagian besar mendiami daerah Papua. Keturunan ras ini terdapat di Riau (pedalaman) yaitu suku Siak (Sakai), serta suku Papua melanesoid mendiami Pulau Papua dan Pulau Melanesia.
3.      Di Indonesia Ras ini menyebar melalui 2 Jalur :
1)      Jalur pertama, melalui jalur barat dan membawa kebudayaan berupa kapak persegi. Dengan menempuh jalur darat dari Yunan mereka menuju ke Semenanjung Melayu melalui Thailand selanjutnya menuju ke Sumatra, Jawa, Bali, ada pula yang menuju Kalimantan dan berakhir di Nusa Tenggara.
Keturunan Proto Melayu yang melalui jalur ini adalah masyarakat/ Suku Batak , Nias(Sumatra Utara), Mentawai (Sumatra Barat), Suku Dayak (Kalimantan), dan Suku Sasak (Lombok).
2)     Jalur kedua, melalui jalur timur dan membawa kebudayaan berupa kapak lonjong. Dengan menempuh jalur laut dari Yunan (Teluk Tonkin) menyusuri Pantai Asia Timur menuju Taiwan, Filipina, kemudian ke daerah Sulawesi, Maluku, ke Irian selanjutnya sampai ke Australia. Peninggalan kapak lonjong banyak ditemukan di Papua. Keturunan Proto Melayu yang melalui jalur ini adalah suku Toraja (Sulawesi Selatan), Suku Papua (Irian), Suku Ambon, Ternate, Tidore (Maluku).
4.      Tinggi badan berkisar antara 135-180 cm,
Berat badan berkisar antara 30-75 kg,
Warna kulit berkisar antara kuning langsat dan coklat hitam,
Warna rambut antara coklat dan hitam,
Bentuk rambut antara lurus dan keriting.
5.      Proto Melayu              : kapak persegi/ beliung persegi, kapak lonjong
Duetro Melayu            : kebudayaan logam terutama benda-benda dari Perunggu, seperti nekara, moko, kapak corong, dan perhiasan.

2. Non tes
Pedoman Penilaian

No

Nama siswa

Aspek Penilaian Sikap/ketermpilan dalamdiskusi
Jumlah Skor

Nilai
Partisipasi/
keaktifan
Kerjasama
Dalam diskusi
Antusias
Bertanya/
menjawab
Kemampuan mengemukakan
pendapat











































Skor maksimum 20
Keterangan      :
                                    5 : sangat baik
                                    4 : Baik
                                    3 : Cukup
                                    2 : Kurang
                                    1 : Sangat Kurang
Hasil Penilaian            :           Jumlah perolehan skor X 10
                                    Skor maksimum
INSTRUMEN PENILAIAN  TUGAS
NO
ASPEK PENILAIAN
Skor
1
2
3
   1
Jumlah contoh yang diungkap



   2
Cakupan materi



   3
Ketepatan identifikasi siswa



   4
Hasil analisis



   5
Ketepatan simpulan kelompok



                                             Jumlah



                                  Jumlah total skor




Pedoman penilaian
Nilai 1 s/d 3 dengan ketentuan :
1.      Jumlah < 2, cakupan materi tidak lengkap, identifikasi tidak tepat, hasil analisis tidak ada, simpulan tidak tepat
2.      Jumlah 2 s/d 3, cakupan materi kurang lengkap, identifikasi kurang tepat, hasil amalisis kurang lengkap, simpulan kurang tepat
3.      Jumlah > 3, cakupan materi lengkap, idetifikasi tepat, hasil analisis lengkap, simpulan tepat
§  Skor minimal              : 3
§  Skor maksimal            : 15
§  Nilai Akhir ( N A )     :         Jumlah skor  X 100

    Skor maksimum

1 comment:

Silahkan berkomentar yang santun

Comments

Popular Posts

Powered by Blogger.

Author